Biak (ANTARA) - Sebanyak 5.000 lebih umat Kristiani di Kabupaten Biak Numfor, Papua, melakukan parade pawai jalan bersama untuk memeriahkan Hari Ulang Tahun (HUT) ke-68 Gereja Kristen Injili di Tanah Papua 2024 pada Jumat.

"Berbagai kegiatan menyambut HUT ke-68 GKI di Tanah Papua, salah satunya parade pawai bersama menyemarakkan HUT GKI di Tanah Papua 26 Oktober 2024," kata Ketua Badan Pekerja Klasis GKI Biak Pendeta Johanes Kbarek di Biak, Jumat

Diakuinya, parade umat Kristiani Biak tidak semata meriahkan HUT ke-68 GKI se-Tanah Papua, namun pada intinya merangkul kebersamaan antar-sesama jemaat di pusat kabupaten, sehingga persaudaraan iman terus bertumbuh.

Selain parade, melalui Persekutuan Wanita Kristen Indonesia Klasis Biak Selatan melakukan kunjungan kasih di daerah terluar Pulau Mapia Distrik Supiori Barat, Kabupaten Supiori.

"Kunjungan kasih ke Pulau Mapia dalam rangka memberikan bantuan bahan pokok dan pakaian layak pakai bagi warga di perbatasan negara Republik Palau dan Philipina," katanya.

Kegiatan parade dengan berawal di Kantor GKI Klasis Biak Selatan, Jalan Imam Bonjol dan Sisimanggaraja.

Berdasarkan data berdirinya organisasi GKI di tanah Papua pada 1956 sebagai hasil pekabaran Injil yang dimulai oleh Ottow dan Geissler pada 5 Februari 1855.

Sejak awal berdirinya GKI di Tanah Papua adalah suatu gereja yang bersifat oikumenis dan bukan gereja suku, sehingga untuk keanggotaannya berasal dari orang Papua dan orang-orang bukan Papua dari berbagai suku dan bangsa serta dari berbagai latar belakang keanggotaan gereja.

Pewarta : Muhsidin
Editor : Muhsidin
Copyright © ANTARA 2024