Biak (ANTARA) - Dinas Pendidikan (Disdik) Kabupaten Biak Numfor, Papua menargetkan sebanyak 2.000 siswa satuan pendidikan sekolah dasar mendapat layanan uji coba makan siang gratis sebagai implementasi program kebijakan Presiden Prabowo Subianto dan Gibran Rakabuming Raka.

"Secara teknis tentang pelaksanaan program makan gratis siswa sekolah sudah dikoordinasikan dengan Kodim 1708 Biak, sebagai penyedia dapur umum untuk menyediakan menu makanan gratis," ujar Kepala Dinas Pendidikan Biak Numfor Kamaruddin di Biak, Sabtu.

Dia mengakui untuk siswa sekolah mana yang diprioritaskan tahap awal uji coba program makan gratis yakni untuk sekolah di dalam wilayah Distrik Biak Kota dan Distrik Samofa.

Kamaruddin mengatakan dalam petunjuk sementara pelaksanaan makan gratis siswa sekolah disediakan lewat masakan dapur umum Kodim 1708.

Pihak Dinas pendidikan Biak, menurut Kamaruddin, pada prinsipnya sangat mendukung penuh program makan gratis untuk peserta didik di satuan pendidikan.

"Apalagi ini program yang menjadi kebijakan langsung Presiden Prabowo Subianto dan Wapres Gibran Rakabuming Raka untuk menyiapkan generasi emas Indonesia maka kita wajib menyukseskan layanan makan siang gratis," katanya.

Dia berharap, uji coba program makan gratis siswa sekolah di lingkungan satuan pendidikan Pemkab Biak Numfor bisa berjalan dengan lancar sesuai dengan target yang telah ditetapkan.

"Saya harapkan semua kepala sekolah, dewan guru dan orang tua untuk berkolaborasi mendukung program makan gratis siswa," imbuhnya.

Diperkirakan pada tahun anggaran 2025 program makan gratis bagi siswa akan menyentuh kurang lebih 10 ribu siswa di satuan pendidikan dasar.

Pewarta : Muhsidin
Editor : Muhsidin
Copyright © ANTARA 2024