Jayapura (Antara) - Dua komandan kodim (dandim) di wilayah teritorial Korem 172/Praja Wirayakti (PWY) yakni Dandim 1701/Jayapura, dan Dandim 1702/Jayawijaya, diganti.
 
Komandan Korem 172/Praja Wirayakti (PWY) Kolonel Inf Tri Yuniarto memimpin serah terima jabatan (Sertijab) dua dandim itu di aula Makorem Padang Bulan,  Kota Jayapura, Papua, Selasa.

Dandim 1701/Jayapura Letkol Inf Wahyu Handoyo diganti oleh pejabat baru Letkol Inf Yoyok Pranowo dan Dandim 1702/Jayawijaya Letkol Inf Yusuf Sampetoding diganti oleh Letkol Inf CDB Andries.

Sebelum upacara sertijab dilakukan, Danrem 172/PWY Kolonel Inf Tri Yuniarto meresmikan aula Makorem yang ditandai dengan pengguntingan pita di pintu masuk.

Danrem berharap pergantian dandim itu akan mampu mengoptimalkan peran Kodim sebagai pilar penyangga demi suksesnya pelaksanaan tugas pokok TNI, khususnya Kodam XVII/Cenderawasih.

Ia berpesan agar dinamika kehidupan bermasyarakt dengan intensitas tinggi di daerah ini menjadi faktor penting yang harus diimbangi agar setiap embrio ancaman terhadap masyarakat dapat segera diantisipasi secara dini.

"Oleh karena itu, kepada seluruh personil kedua kodim dituntut cepat tanggap menghadapi masalah yang timbul, sehingga bisa diselesaikan dengan cepat dan tepat. Tentunya koordinasi secara harmonis perlu dilakukan dengan instansi terkait dengan seluruh komponen bangsa," katanya.

Sementara itu Letkol Inf Wahyu Handoyo mengatakan selama bertugas di Kodim 1701/Jayapura banyak hal baru yang ditemui baik itu suka maupun duka, tetapi sebagai seorang prajurit tetap menjalankan amanah yang diemban dengan penuh tanggungjawab.

"Berbagai program dan kebijakan teritorial telah saya laksanakan dengan baik, tentunya semua itu ada dukungan dari anggota saya di Kodim 1701/Jayapura, pemerintah daerah, tokoh agama, adat, masyarakat, pemuda dan tokoh perempuan. Harapannya penerus saya bisa menjalankan tugas lebih baik dari yang sebelumnya," katanya.

Dalam acara sertijab itu juga hadir istri Wali Kota Jayapura Christin Luluporo, perwakilan ibu-ibu Jalasenastri, Kasrem 172/PWY Letkol Inf Rano Tilaar, para Kasi Korem, dan perwakilan para Danramil kedua kodim.

Informasi yang diterima Antara, Letkol Inf Wahyu Handoyo akan menempati tugas baru di Spamad Mabes TNI, sementara Letkol Inf Yusuf Sampetoding akan menjabat sebagai Kepala Staf Brigif 20/Ima Jaya Keramo, Timika, Kabupaten Mimika.

Sementara pejabat baru Dandim 1701/Jayapura Letkol Inf Yoyok Pranoyo sebelumnya menjabat sebagai Danyon 752/Sorong, sedangkan Letkol Inf CDB Andries sebelumnya menjabat Pabandyagal Sinteldam Kodam XVII/Cenderwasih. (*)

Pewarta : Oleh Alfian Rumagit
Editor : Anwar Maga
Copyright © ANTARA 2024