Jayapura (Antara Papua) - Sebanyak 762 calon bintara (Caba) prajurit karir (PK) pria dan wanita mengikuti sidang pemantauan terakhir (pantukhir) seleksi penerimaan TNI AD tingkat daerah di Papua yang dilaksanakan di Aula Tonny A Rompis Makodam XVII/Cenderawasih.

Sidang pantukhir Caba PK TNI AD itu berlangsung sejak Rabu (15/10) hingga Jumat siang, yang dipimpin Kepala Staf Kodam (Kasdam) XVII/Cenderawasih Brigjen TNI Deliaman TH Damanik, dan dihadiri oleh para pejabat kodam seperti Irdam, Danrindam, Aspers, Asops, Kaajendam, Kakesdam, Asintel, Kapendam dan Kajasdam.

Brigjen Damanik mengatakan, sidang pemilihan Caba PK pria dan wanita TNI AD TA 2014 itu, merupakan salah satu proses dalam memilih calon yang memenuhi syarat berdasarkan hasil seleksi dan pemeriksaan yang meliputi aspek administrasi, jasmani, kesehatan, psikologi dan mental ideologi.

"Selanjutnya calon terpilih yang ditentukan pada sidang pemilihan ini akan mengikuti seleksi di tingkat pusat yang diselenggarakan di Rindam XVII/Cenderawasih," kata Damanik.

Ia berharap semua anggota tim seleksi bertindak profesional dan objektif dalam memberikan penilaiannya.

"Tidak ada pilih kasih dalam pemilihan calon. Semua calon yang memenuhi syarat sesuai norma yang telah ditentukan, dialah yang berhak mengikuti pendidikan," katanya.

Karena itu, penting untuk dipahami bahwa upaya itu dimaksudkan untuk mendapatkan calon-calon Bintara PK pria dan wanita TNI AD yang benar-benar berkualitas.

Maksdunya agar di kemudian hari tidak ditemukan adanya prajurit yang disersi maupun sakit berat, sehingga tidak dapat melanjutkan pendidikan akibat proses yang kurang optimal.

"Kita mempunyai tanggung jawab moral yang sangat berat dan tanggung jawab tersebut bukan hanya dari TNI selaku institusi yang memberikan tugas kepada kita, tetapi juga kepada masyarakat dan Tuhan Yang Maha Esa," katanya

Diketahui, Caba PK pria yang mengikuti Seleksi Tingkat Panitia Daerah (Panda) sebanyak 714 orang yang terdiri dari 232 orang putra daerah, 482 orang non putra daerah dengan alokasi penerimaan sebanyak 320 orang.

Sedangkan Caba PK wanita sebanyak 48 orang yang terdiri dari 36 orang putri daerah dan 11 orang non putri daerah.

Sementara itu, Plt Kasipenum XVII/Cenderawasih Kapten Inf Parlan mengatakan, sidang seleksi penerimaan daerah untuk Caba PK pria sudah selesai pada Kamis (16/10) malam.

"Sebanyak 320 orang calon Bintara pria yang lolos seleksi tingkat daerah sudah dikirim ke Rindam untuk ikuti seleksi tingkat pusat. Sementara saat ini yang masih berlangsung adalah seleksi calon Bintara wanita di Makodam Cenderawasih," katanya.

***1***





(T.KR-ARG/B/A058/A058) 17-10-2014 11:21:50

Pewarta : Pewarta: Alfian Rumagit
Editor : Anwar Maga
Copyright © ANTARA 2024