Biak (Antara Papua) - Almarhum Bupati Supiori Fredrick Menufandu SH MH akan dimakamkan di Sorindiweri, ibu kota Kabupaten Biak Numfor, Provinsi Papua, sekitar 90 kilometer Utara Biak, pada Senin 8 Desember 2014.

Staf khusus Bupati, Yohanis Koroh di Biak, Sabtu, mengatakan, sesuai jadwal prosesi pemakaman Bupati Supiori akan dilaksanakan secara protokoler kenegaraan pada Senin (8/12) pukul 12.00 WIT.

Mengenai penyebab kematian, Yohanis Koroh mengatakan, almarhum wafat di pesawat udara saat dalam penerbangan dari Jakarta menuju Biak pada Jumat (5/12) pagi.

"Jenazah Bupati Supiori tengah disemayamkan di kediaman resmi di Sorindiweri sambil menunggu waktu pemakaman Senin nanti," ujar Yohanis Koroh dalam pesan singkatnya kepada Antara.

Semasa hidupnya, Bupati Supiori Fredrick Menufandu merupakan sosok pejabat Papua yang akrab dengan wartawan karena ia menghabiskan waktu bekerja sebagai PNS di jajaran departemen penerangan hingga berubah nama Badan Informasi Daerah di era otonomi khusus.

Ia menjadi Bupati Supiori berpasangan dengan Drs Yan Imbab selaku wakil bupati pada Pilkada 2010. Sebelum menjabat bupati, ia menjabat Kepala Biro Hubungan Masyarakat dan Prokoler di era pemerintahan mantan Gubernur Papua Barnabas Suebu.

Beberapa pejabat daerah Pemkab Supiori sejak Senin pukul 08.00 tampak sibuk mengenakan baju hitam dari Biak menuju Kabupaten Supiori untuk menyampaikan bela sungkawa atas kematian almarhum.

Hingga Sabtu beragam karangan bunga dari warga, pimpinan organisasi, pemerintahan serta berbagai organisasi jemaat gereja GJI banyak dikirim kediaman almarhum sebagai ungkapan berduka dari warga setempat. (*)

Pewarta : Pewarta: Muhsidin
Editor : Anwar Maga
Copyright © ANTARA 2024