Surabaya (Antara Papua) - Manajemen Rumah Sakit Umum Daerah Dr Soetomo Surabaya, Jawa Timur, mendukung sektor pelayanan medik tapi juga pendidikan di bidang kesehatan terutama pengembangan Sumber Daya Manusia (SDM) di RSUD Dok II Jayapura, Papua.

Wakil Direktur Pelayanan Medik (Yanmed) RSUD dr Soetomo Surabaya dr Kohar di Surabaya, Sabtu, mengatakan, secara garis besar RSUD dr Soetomo bisa mendukung kemajuan RSUD Jayapura di beberapa sektor, seperti pelayanan dan pendidikan kesehatan.

"Secara umum kami senang dengan rencana kerja sama yang akan dilakukan," katanya.

Ia mengatakan, RSUD Dok II Jayapura sudah ditunjuk menjadi rumah sakit rujukan nasional sehingga perlu dipersiapkan lebih baik dari sisi pelayanannya maupun dari sisi SDM-nya terutama dari sisi pendidikannya.

"Kami harap bisa didata secara baik dan mungkin selama kurung waktu bisa di kirim ke Surabaya untuk menjadi peserta didik, kalau pun lebih efektif kami yang hadir kesana untuk mengajar," ucap dr Kohar.

Menurut dia, kesiapan SDM di RSUD Dok II Jayapura, harus baik, termasuk bagaimana melatih petugas medis.

Pihak RSU dr Soetomo bersedia membantu pengembangan Sumber Daya Manusia di RSUD Jayapura.

Ia menambahkan, aspek non medik lainnya seperti penjemputan pasien di Bandara bisa dilakukan karena ambulans rumah sakit cukup memadai, dan rumah singgah untuk keluarga pasien sudah ada. (*)

Pewarta : Pewarta: Musa Abubar
Editor : Anwar Maga
Copyright © ANTARA 2024