Jayapura (Antara Papua) - Jajaran TNI AD, AL dan AU bersama segenap lapisan masyarakat menanam 3.000 ribu bibit pohon bakau di sepanjang Pantai Hamadi, Kelurahan Hamadi, Distrik Jayapura Selatan, Kota Jayapura, Papua, Sabtu pagi.

Acara penanaman pohon bakau diawali dengan kegiatan jalan santai bersama yang diikuti oleh TNI, Polri, FKKPPI, pelajar Kota Jayapura, dan masyarakat umum.

Danlantamal X Jayapura Brigjen TNI Mar Leonard Whiliam Supit mengatakan penanaman ribuan bibit pohon bakau merupakan bagian dari rangkaian acara guna menyambut dan memperingati HUT ke-70 TNI pada 5 Oktober mendatang di daerah itu.

Menurut dia, tujuan dari adanya kegiatan tersebut adalah untuk meningkatkan kesatuan, persatuan dan rasa kebersamaan TNI baik AD, AL, AU serta Polri dan masyarakat.

"Karena TNI dengan rakyat itu kuat, ini yang menjadi motto dari TNI saat ini, seperti kemarin sudah disampaikan oleh bapak Panglima TNI sehingga kita harus bisa bersatu dengan rakyat," lanjutnya.

Dengan rasa kebersamaan dan persatuan TNI, Polri dan masyarakat, menurut dia, akan dapat menghindarkan gesekan di lapangan.

Kepala Staf Kodam (Kasdam) XVII/Cenderawasih Brigjen TNI Herman Asaribab mengatakan jalan santai dan penanaman pohon ribuan bibit pohon bakau itu merupakan kegiatan bersama tiga matra TNI yang ada di Papua.

"Inikan kegiatan untuk berinteraksi dengan masyarakat, baik unsur pimpinan dan unsur bawahan ini semua kompak bagaimana kita siapkan satu kebersamaan," katanya.

Sementara itu, Komandan Korem (Danrem) 172/PWY Kolonel Inf Sugiyono selaku ketua umum panitia HUT ke-70 TNI mengatakan dalam penanaman kali ini pihak panitia menyediakan 3.000 bibit pohon bakau dengan luas tanam sekitar 7 hektar.

Sugiyono menambahkan berdasarkan instruksi Panglima TNI kegiatan penanaman pohon bakau ini dilakukan secara serentak di Indonesia karena merupakan program TNI, termasuk di wilayah Merauke, Biak dan Sorong, di Papua Barat. (*)

Pewarta : Pewarta: Alfian Rumagit
Editor : Anwar Maga
Copyright © ANTARA 2024