Jayapura (Antara Papua) - Kodam XVII/Cenderawasih menggelar pameran alat utama sistem persenjataan (Alutsista) di Lapangan Trikora Abepura, Kota Jayapura, Papua, sebagai bagian dari rangkaian kegiatan memperingati HUT ke-70 TNI, 5 Oktober 2015.

"Pameran ini dibuka oleh Kasdam XVII/Cenderawasih Brigjen TNI Herman Assaribab," kata Kepala Penerangan Kodam (Kapendam) XVII/Cenderawasih Kolonel Inf Teguh PR, dalam rilis yang diterima Antara di Jayapura, Kamis.

Ia mengatakan, pameran ini akan berlangsung selama tiga hari terhitung 1-3 Oktober 2015.
 
Dalam pameran alutsista tersebut seluruh satuan jajaran Kodam yang berada di Jayapura diharuskan membuka stand di tempat pameran untuk menampilkan dan mengenalkan kepada masyarakat tentang peralatan perlengkapan perorangan dan persenjataan, serta kendaraan dinas yang digunakan oleh TNI-AD.

Untuk stand perlengkapan perorangan ditampilkan baju dinas harian dan lapangan, perlengkapan seperti rompi anti peluru, Life Vest atau pelampung, dan Helm tempur.

Di stand persenjataan ditampilkan senjata lintas datar seperti SS1 V3, SO Minimi buatan Belgia, SO Daewoo buatan Korea Selatan, SO SMR buatan PT. Pindad serta Mortir 60 Long Range buatan China dan Kendaraan Tempur yang dimiliki oleh TNI.

"Masyarakat yang hadir nampak antusias bertanya tentang kegunaan dan karakteristik dari Alutsista yang dipamerkan. Ada juga masyarakat yang meminta foto dan berpose menggunakan Alutsista tersebut," ujar Teguh.

Ia menambahkan, salah satu pengunjung mengatakan sangat berkesan dengan adanya kegiatan seperti ini dan mengharapkan agar kedepannya waktu untuk pameran agar diperpanjang lagi karena warga bisa mengajak keluarganya untuk menyaksikan perlengkapan dan peralatan yang digunakan TNI sebagai Ksatria Pelindung Rakyat. (*)

Pewarta : Pewarta: Anwar Maga
Editor : Anwar Maga
Copyright © ANTARA 2024