Timika (Antara Papua) - Jumlah titik api (hot spot) di wilayah Papua dan Maluku berdasarkan pantauan Satelit Terra & Aqua bertambah banyak, dimana pada Kamis siang tercatat 215 titik api aktif.

Prakirawan pada Stasiun Metereologi Kelas III Timika Sartika Damanik kepada Antara di Timika,  mengatakan dibandingkan hari-hari sebelumnya terdapat peningkatkan jumlah titik api aktif di wilayah Papua-Maluku.

"Sekarang semakin banyak. Jumlah titik api aktif sudah mencapai 215. Kalau sebelumnya hanya seratusan titik api aktif," jelas Sartika.

Lokasi persebaran titik api terbanyak di kedua wilayah itu terdapat di wilayah selatan Papua yakni di Kabupaten Merauke dan Mappi. Khusus di Merauke, titik api aktif terbanyak terdapat di Pulau Kimaam atau Pulau Yos Sudarso serta perbatasan Merauke dan Mappi.

Dengan meningkatnya jumlah titik api aktif di wilayah Merauke dan Mappi tersebut, Kota Timika mengalami dampak terburuk hingga mengganggu seluruh aktivitas penerbangan di Bandara Moses Kilangin Timika.

"Kabut asap hari ini di Timika semakin pekat. Ini yang paling pekat selama satu pekan terakhir dengan jarak pandang hanya 200-300 meter," jelasnya.

Sartika mengatakan wilayah Timika dan sekitarnya menerima dampak buruk dari kebakaran lahan hutan di Merauke lantaran saat ini angin bertiup dari arah tenggara menuju barat. Posisi Merauke dan Mappi berada di sisi tenggara Timika.

Kondisi itu, katanya, semakin diperburuk lantaran Timika dan sekitarnya akhir-akhir ini dilanda musim kemarau.

"Potensi hujan sangat rendah karena pertumbuhan awan sangat sedikit. Kalau ada hujan lebat tentu bisa mengurangi asap," jelasnya.

Ia memperkirakan kondisi cuaca di Timika dan sekitarnya masih tetap sama untuk tiga hingga lima hari ke depan, apalagi jika kebakaran lahan hutan di Merauke dan Mappi semakin meluas.

"Kami perkirakan jarak pandang maksimal hanya 500 meter hingga 1.500 meter hingga lima hari ke depan," ujar Sartika. (*)

Pewarta : Pewarta: Evarianus Supar
Editor : Anwar Maga
Copyright © ANTARA 2024