Jayapura (Antara Papua) - Unit Percepatan Pembangunan Kesehatan Papua (UP2KP) berupaya meningkatkan pengetahuan administrasi bidang kesektariatan, antara lain dengan mengikuti pelatihan manajemen administrasi perkantoran modern.

"Kami memutuskan untuk berupaya mengikuti pelatihan ini untuk menambah wawasan administrasi perkantoran modern dalam mewujudkan tertib administrasi di UP2KP," kata Kepala Bidang Kesektariatan UP2KP Alexander Krisifu, di Jayapura, Jumat.

Pelatihan manajemen administrasi perkantoran guna mewujudkan tertib administrasi anggota UP2KP tahun anggaran 2015 itu berlangsung sejak 16-20 Oktober 2015 di Jakarta. Peserta yang mengikuti pelatihan tersebut sebanyak enam orang.

Menurut Alexander, tujuan dari pelatihan itu yaitu untuk menciptakan sumber daya manusia (SDM) yang mumpuni terutama di bidang kesektariatan terkait penataan administrasi.

"Kami lakukan ini terutama untuk pengenalan administrasi modern, karena diketahui bersama bahwa semua pekerjaan di UP2KP selalu berhubungan dengan administrasi," ujarnya.

Selain itu, pelatihan tersebut juga bertujuan menciptakan administrasi yang benar-benar bersih, tapi juga memantapkan kreatifitas seluruh personil di bagian kesektariatan.

"Kami ingin menciptakan administrasi yang benar-benar bersih, tetapi juga sekaligus mempersiapkan sumber daya teman-teman di bidang kesektariatan," katanya.

Menurut dia, setelah mengikuti pelatihan tersebut selanjutnya diteruskan ke personil administrasi lainnya di UP2KP.

"Pelatihan ini ada kelanjutannya, kami akan melanjutkan pelatihan yang kami dapatkan di Jakarta di kantor UP2KP dengan melbatkan semua anggota dimasing-masing bidang," ujarnya.

Dia menjelaskan, pihaknya mengikuti pelatihan administrasi yang diselenggarakan oleh lembaga citra inti Jakarta.

"Citra inti Jakarta adalah lembaga administrasi/salah wadah yang memang berkecimpung dan melaksanakan pelatihan terkait administrasi, selain administrasi mereka juga selalu melakukan pelatihan terkait audit keuangan, audit fasilitas medis," ujarnya.

"Karena mereka lakukan berbagai pelatihan sehingga kita percayakan mereka untuk memberikan materi terkait pelatihan administrasi perkantoran," tambah dia. (*)

Pewarta : Pewarta: Musa Abubar
Editor : Anwar Maga
Copyright © ANTARA 2024