Jayapura (Antara Papua) - Komando Distrik Militer (Kodim) 1703/Manokwari bersama kelompok pecinta lingkungan setempat membentuk dan meluncurkan Forum Pecinta Sungai Kabupaten Manokwari, Papua Barat, yang digelar di aula Dinas Infokom setempat.

"Pembentukan forum itu bertujuan untuk menjaga kelestarian dan memelihara Sungai di Manokwari yang mengusung tema "Sungai sebagai Pusat Peradaban Kelangsungan Hidup dan Kesejahteraan Bersama," kata Kepala Penerangan Kodam (Kapendam) XVII/Cenderawasih Kolonel Inf Teguh PR di Kota Jayapura, Papua, Selasa.

Menurut dia, Pasiterdim 1703/Manokwari mewakili Dandim saat peluncuran itu menyampaikan Forum Pecinta Sungai itu diperlukan karena tidak adanya pihak yang secara khusus memfokuskan langkah menata dan memelihara Sungai di Manokwari.

Kondisi itu, kata dia, membuat keberadaan Sungai di Manokwari kurang terjaga karena banyaknya sampah maupun perusakan lingkungan di sepanjang sungai.

"Melihat kondisi Sungai di Manokwari yang kurang terjaga dan terpelihara itu, menggugah Kodim 1703/Manokwari bersama kelompok pecinta lingkungan setempat berupaya mengajak masyarakat turut peduli melalui Forum Pecinta Sungai yang fokus terhadap kelestarian sungai," katanya.

Lebih lanjut Teguh mengatakan, terbentuknya komunitas masyarakat peduli sungai akan lebih memudahkan penanganan maupun pemeliharaan sungai yang ada di wilayah Manokwari yang selama ini berfungsi sebagai penampung luapan air hujan.

"Dengan terbentuknya forum itu, harapannya masyarakat bisa peduli terhadap lingkungan sekitarnya, terutama menjaga kebersihan sungai-sungai yang ada di Manokwari," katanya. (*)

Pewarta : Pewarta: Alfian Rumagit
Editor : Anwar Maga
Copyright © ANTARA 2024