Jayapura (Antara Papua) - Komando Resor Militer (Korem) 172/PWY siap membantu Polri untuk mengamankan jalannya Pemilihan Kepala Daerah (pilkada) serentak 9 Desember 2015 sebagaiman yang telah disampaikan oleh Pangdam XVII/Cenderawasih.

Hal ini kembali ditegaskan oleh Danrem 172/PWY Kolonel Inf Sugiyono dalam dialog interaktif RRI dengan mengambil topik `Pemetaan daerah rawan konflik di lingkup Korem 172/PWY`.

Sugiyono menyampaikan di wilayah Korem 172/PWY ada lima daerah yang melaksanakan Pilkada serentak yakni Kabupaten Keerom, Kabupaten Pegunungan Bintang, Kabupaten Yahukimo, Kabupaten Mamberamo Raya dan Kabupaten Yalimo.

"Kami telah melakukan berbagai upaya dalam mencegah terjadinya potensi konflik ke depan melalui pendekatan secara kultur kepada tokoh agama, tokoh adat dan tokoh masyarakat serta pendekatan secara humanis yang telah dilakukan dinilai cukup efektif sesuai motto TNI bersama Rakyat, TNI Kuat," katanya.

Terkait beberapa wilayah yang berada di daerah perbatasan, kata dia, dilakukan upaya pengamanan dengan cara melaksanakan kegiatan sosialisasi, komunikasi sosial dan membantu pendorongan logistik yang dilakukan oleh KPU.

Selanjutnya, kata Sugiyono, pihaknya mengajak seluruh elemen masyarakat untuk bersama menciptakan suasana gembira dalam pilkada ini.

"Jangan nodai pesta ini dengan hal-hal yang tidak kita inginkan, sehingga kita akan mendapatkan pemimpin yang amanah, mampu memimpin daerah kita dengan baik. Untuk para calon dan pendukungnya saya berharap untuk siap kalah, kalau menang siap memimpin dan juga siap mendukung," katanya. (*)

Pewarta : Pewarta: Alfian Rumagit
Editor : Anwar Maga
Copyright © ANTARA 2024