Jayapura (Antara Papua) - Pemerintah Kabupaten Sarmi mengajukan Rancangan Anggaran Pendapatan Belanja Daerah (RAPBD) 2016 sebesar Rp1,265 triliun ke DPRD setempat.

"RAPBD tahun depan yang diajukan ke DPRD Sarmi itu senilai Rp1,265 triliun, dan itu disesuaikan dengan pokok pembelanjaan, jadi seimbang," kata Penjabat Bupati Sarmi, Alberthus Suripno ketika dihubungi dari Kota Jayapura, Papua, Minggu.

Pengajuan itu, kata dia, dilakukan saat memimpin rapat paripurna bersamaan dengan nota pengantar keuangan yang telah ia sampaikan kepada DPRD Sarmi pada Rabu pekan kemarin.

"Intinya dalam RAPBD tersebut lebih banyak untuk dialokasikan kepada pendidikan, kesehatan, pembangunan infrastruktur dan perekonomian kerakyatan," katanya.

Ia menambahkan, pengajuan RAPBD itu diharapkan dapat menjawab berbagai percepatan pembangunan di kota ombak, julukan Kabupaten Sarmi.

"RAPBD itu diharapkan bisa disetujui dalam pembahasan di dewan, karena itu bisa mempercepat pembangunan di Sarmi yang masih jauh ketertinggala dan butuh sentuhan," katanya.

Kabupaten Sarmi, bisa ditempuh dengan perjalanan darat menggunakan roda dua atau empat dari Sentani, Kabupaten Jayapura dengan lama perjalanan kurang lebih delapan jam.

Jika menggunakan pesawat terbang jenis pilatus atau caravan bisa ditempuh sekitra 20 menit hingga 25 menit. (*)

Pewarta : Pewarta: Alfian Rumagit
Editor : Anwar Maga
Copyright © ANTARA 2024