Jayapura (Antara Papua) - Mobile Unit Keselamatan Lalulintas (MUKL) Jasa Raharja Cabang Papua dan Papua Barat membuka layanan pengobatan secara gratis bagi para sopir angkutan kota di Terminal Entrop.

"MUKL ini layanan keliling fokus kepada para sopir angkot, karena itu tempat parkirnya di terminal angkutan umum," ujar Kepala PT Jasa Raharja (Persero) Cabang Papua Eko Setyanto di Jayapura.

Ia menjelaskan kegiatan tersebut dilakukan guna membantu kepolisian dalam meminimalisir risiko terjadinya kecelakaan lalu lintas yang angkanya terus meningkat.

"Ini kami lakukan untuk mencegah terjadinya kecelakaan lalulintas agar tercipta angkutan umum yang aman dan nyaman. Jadi konsumen tidak takut naik angkutan umum," katanya.

Dalam menjalankan fungsinya, UMKL Jasa Raharja bekerjasama dengan Rumah Sakit Bhayangkara, Kota Jayapura, sebagai pihak yang menyediakan tenaga medis.

Kepala Bagian Operasional Jasa Raharja Cabang Papua Manan mengungkapkan, program ini adalah kegiatan tetap yang selalu ada tiap tahun dan sumber pendanaannya berasal dari anggaran penanggulangan kecelakaan lalu lintas.

"Seluruh anggaran menjadi tanggung jawab Jasa Raharja termasuk obat-obatan dan honor tenaga dokter," ujarnya.

Selain sopir angkutan umum yang diberikan layanan pengobatan gratis, masyarakat umum yang tengah berada di areal terminal pun bisa memeriksakan kesehatannya di tempat tersebut.

"Kami bersyukur walau hanya membuka layanan selam dua jam, namun antusias masyarakat memanfaatkan layanan tersebut cukup tinggi," kata Manan. (*)

Pewarta : Pewarta: Dhias Suwandi
Editor : Anwar Maga
Copyright © ANTARA 2024