Jayapura (Antara Papua) - Pemerintah Provinsi (Pemprov) Papua siap menyambut kedatangan Presiden Joko Widodo (Jokowi) di Jayapura pada Jumat (28/4) sekitar pukul 21.00 WIT.

Sekretaris Daerah (Sekda) Provinsi Papua Hery Dosinaen, di Jayapura, mengatakan pihaknya bersama aparat keamanan sudah menyiapkan secara baik segala sesuatunya dalam rangka kunjungan presiden kali ini.

"Berdasarkan hasil rapat terakhir, selain membuka kompetisi Torabica Soccer Championship di Stadion Mandala, Jokowi juga direncanakan melakukan peletakan batu pertama pembangunan pasar mama Papua, lalu meresmikan pasar tradisional di Doyo dan meninjau pembangunan Pasar Phaara Sentani," katanya.

Hery menjelaskan Presiden Jokowi juga berencana melihat secara langsung pembangunan pelabuhan peti kemas di Depapre, namun ini masih dalam pergumulan, jadi belum ada kepastian dari Keprotokolan Presiden.

"Agenda lain yang juga masih direncanakan adalah pertemuan dengan para tokoh masyarakat, adat Papua di Hotel Swissbell Jayapura dan bersama Forkopimda yang rencananya akan dilakukan di Aula Kantor Bupati Jayapura atau di ruang VIP Bandara Sentani," ujarnya.

Dia menuturkan pihaknya mengakui dari awal jadwal kunjungan ini selalu berubah, namun Pemprov Papua hingga kini masih menunggu jika ada perubahan lagi.

Sebelumnya, Sebanyak 2940 personil gabungan TNI, Polri, Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) dan sejumlah Organisasi Masyarakat (ormas) disiagakan untuk mengamankan kedatangan Presiden RI Joko Widodo (Jokowi) ke Papua pada Jumat (28/4).

Komandan Satuan Tugas Pengamanan Wilayah untuk kedatangan presiden Kolonel Inf Sugiyono, di Jayapura, Kamis, mengatakan sesuai prosedur tetap pengamanan di bawah kendali aparat TNI dan diback-up oleh Polri. (*)

Pewarta : Pewarta: Hendrina Dian Kandipi
Editor : Anwar Maga
Copyright © ANTARA 2024