Jayapura (Antara Papua) - Mama-mama Papua yang nantinya berjualan di bangunan baru eks Terminal Damri berharap nantinya ada pendampingan modal usaha untuk mengembangkan perekonomian di wilayah setempat.

Mama Yohana Yumame, salah satu penjual di Pasar Mama-Mama Papua, di Jayapura, Sabtu, mengatakan pihaknya berharap selain menjual pinang, namun dapat menjadi pengusaha.

"Untuk itu, kami berharap ada bantuan modal usaha dari pemerintah untuk mengembangkan perekonomian masyarakat asli Papua," katanya.

Menurut Yohana, pembangunan Pasar Mama-Mama Papua ini diperoleh dari perjuangan panjang sejak 2009 oleh masyarakat asli Bumi Cenderawasih.

"Kami berharap dengan penambahan modal usaha dari pemerintah, Mama-Mama Papua dapat berkembang menjadi pengusaha yang dapat bersaing dengan pengusaha non pribumi," ujarnya.

Dia menjelaskan selama ini pihaknya masih kesulitan memperoleh modal usaha dari pihak perbankan sehingga ke depan pemerintah dapat mempermudah.

"Pengembangan perekonomian melalui usaha Mama-Mama Papua juga harus diawasi oleh pemerintah sehingga dapat berjalan sebagaimana mestinya," katanya lagi.

Dia menambahkan kedepannya setelah ada pasar yang disediakan untuk berjualan dapat meningkatkan perekonomian Mama-Mama Papua. (*)

Pewarta : Pewarta: Hendrina Dian Kandipi
Editor : Anwar Maga
Copyright © ANTARA 2024