Jayapura (Antara Papua) - Prajurit Kodim 1711/BVD berlatih bela diri militer Yong Moodo sebagai pertahanan diri jika ada gangguan dari pihak lawan maupun musuh, sekaligus untuk melindungi rakyat.

"Bela diri diri militer Yong Moodo merupakan keterampilan yang harus dimiliki oleh setiap prajurit TNI sebagai pertahanan diri jika ada gangguan dari pihak lawan maupun musuh," kata Kepala Penerangan Kodam (Kapendam) XVII/Cenderawasih Kolonel Inf Teguh PR di Kota Jayapura, Papua, Kamis.

Kegiatan latihan Yong Moodo ini dilaksanakan di lapangan upacara Kodim 1711/BVD yang diikuti oleh 37 orang anggota termasuk anggota dari Koramil 03/Tanah Merah.

"Latihan ini di pimpin langsung oleh Serda Taufik anggota Satgas Pam Rahwan dari Yonif 755/Yalet," katanya.

Seperti pada umumnya sebuah kegiatan bela diri atau olah raga, bela diri Yong Moodo diawali dengan gerakan-gerakan pemanasan untuk melemaskan otot-otot yang kaku guna menunjang kelancaran dalam pelaksanaan latihan, supaya semua dapat terlaksana dengan aman dan baik.

"Setelah pemanasan dilanjutkan dengan gerakan dasar-dasar sikap, pukulan, tendangan dan bantingan serta kuncian," katanya.

Pada momentum itu, Komandan Kodim (Dandim) 1711/BVD Letkol Kav Bambang Sutrisno yang diwakili oleh Kepala Staf Kodim Mayor Inf Agus Satrio Wibowo, kata Teguh, menyampaikan bahwa latihan bela diri dilaksanakan setiap seminggu sekali tanpa terkecuali oleh semua prajurit.

Selain itu, lanjut Teguh, Kasdim juga berharap agar setiap prajurit mampu dan menguasai bela diri itu dengan baik, karena sudah merupakan hal yang mutlak bagi seorang prajurit khususnya satuan teritorial, demi mendukung kelancaran tugas pokok di wilayah masing-masing.

"Sehingga tugas pokok dapat dicapai serta kemampuan perorangan tetap terpelihara," katanya. (*)

Pewarta : Pewarta: Alfian Rumagit
Editor : Anwar Maga
Copyright © ANTARA 2024