Jayapura (Antara Papua) - Wali Kota Jayapura, Papua Benhur Tomi Mano mengaku terus berupaya mendorong akreditasi dua puskesmas sehingga pada akhir masa pemerintahannya beberapa bulan ke depan  layanan kesehatan  masyarakat semakin meningkat.

"Di akhir masa pemerintahan saya selaku Wali Kota Jayapura, saya mendorong Dinas Kesehatan Kota Jayapura agar di tahun ini dua puskesmas dapat terakreditasi," katanya di Jayapura, Jumat.

Dia mengatakan dua puskesmas yang didorong untuk terakreditasi, yakni Puskesmas Kotaraja dan Puskesmas Waena.

Setelah terakreditasi, kata dia, kedua puskesmas itu tentunya akan dilengkapi dengan peralatan medis secara memadai serta tenaga medis yang andal.

Pada kesempatan sebelumnya, Benhur mengakui hingga kini 12 puskesmas di daerah setempat belum terakreditasi.

"Sampai saat ini belum ada puskesmas di Jayapura, belum terakreditasi, padahal pelayanan di puskesmas tidak perlu diragukan," katanya.

Mantan Kepala Distrik Abepura itu, menyebutkan dalam waktu dekat akan meresmikan satu puskesmas baru, yakni Puskesmas Kwano di Entrop, Distrik Jayapura Selatan, yang menjadi puskesmas ke-13 di kota itu.

"Dalam waktu dekat ini saya akan meresmikan satu puskesmas lagi di Kota Jayapura, yakni Puskesmas Kwano, dan puskesmas ini akan menjadi puskesmas yang ke-13 di kota ini," ujarnya.

Dia menjelaskan puskesmas ini pada masa mendatang akan didorong menjadi puskesmas percontohan di Provinsi Papua.

"Saya akan mendorong puskesmas ini sebagai puskesmas percontohan, tentu dari sisi tenaga harus memiliki kompetensi, profesional, dan etika yang baik dalam melayani," ujarnya. (*)

Pewarta : Pewarta: Musa Abubar
Editor : Anwar Maga
Copyright © ANTARA 2024