Jayapura (Antara Papua) - Wali Kota Jayapura Provinsi Papua Benhur Tomi Mano meminta Dinas Kesehatan setempat agar mengubah sistem pelayanan kesehatan dengan menerapkan sistem pelayanan kesehatan dari rumah ke rumah.

"Saya akan meminta sekaligus memerintahkan Dinas Kesehatan Kota Jayapura untuk mengubah sistem pelayanan kesehatan kepada masyarakat," katanya, di Jayapura, Sabtu.

Menurut dia, dokter harus datang untuk melihat pasien di rumahnya, sehingga pelayanan kesehatan harus dilakukan dari rumah ke rumah.

"Dokter harus mendatangi setiap rumah warga, dan ketika di lapangan didapati ada warga yang sakit harus segera dibawa ke puskesmas," ujarnya.

Namun, lanjut dia, jika ada pasien yang sakit parah maka harus dirujuk ke rumah sakit untuk pengobatan lebih lanjut.

"Jika pasien yang bersangkutan sakitnya sangat parah maka harus segera dibawa ke rumah sakit untuk mendapatkan layanan kesehatan lebih lanjut," ujar dia lagi.

Kepala Bidang Pelayanan Kesehatan Dinkes Jayapura Helda Walli mengatakan pihaknya sudah memprogramkan pelayanan kesehatan dari rumah ke rumah tersebut untuk dijalankan.

"Kami sudah programkan sistem pelayanan itu dan akan dijalankan oleh Dinas Kesehatan dan petugas puskesmas di sini," ujarnya pula. (*)

Pewarta : Pewarta: Musa Abubar
Editor : Anwar Maga
Copyright © ANTARA 2024