Jayapura (Antara Papua) - PT Pertamina Marketing Operation Region VIII Maluku dan Papua menyediakan 530 kiloliter solar per bulan bagi nelayan di wilayahnya.

Manajer Komunikasi dan Hubungan Masyarakat PT Pertamina MOR VIII Maluku dan Papua Taufikurachman di Jayapura, Jumat, mengatakan selain solar, pihaknya juga menyediakan premium sebanyak 675 kiloliter per bulan khusus bagi nelayan.

"Angka ini dievaluasi secara berkala untuk memastikan kebutuhan nelayan terpenuhi, karena adakalanya kebutuhan nelayan bersifat seasonal (tergantung musim melaut)," katanya.

Menurut Taufikurachman, kebutuhan BBM untuk nelayan disalurkan melalui lembaga penyalur Solar Packed Dealer Nelayan (SPDN) dan Stasiun Pengisian Bahan Bakar Nelayan (SPBN) yang total berjumlah lima SPDN dan tiga SPBN di Papua.

"Solar Packed Dealer Nelayan (SPDN) tercatat terdapat di Kota Jayapura satu unit, Kabupaten Merauke dua unit, Asmat satu unit dan Nabire satu unit," ujarnya.

Dia menuturkan sedangkan Stasiun Pengisian Bahan Bakar Nelayan (SPBN) tercatat terdapat di Kota Jayapura satu unit, Kabupaten Nabire satu unit dan Kepulauan Yapen satu unit.

"Pendistribusian atau suplai BBM untuk nelayan via SPBN dan SPDN dari Pertamina dilakukan melalui mobil tangki ataupun mode transportasi lain (kapal), tergantung lokasinya," katanya lagi.

Dia menjelaskan untuk penjualan ke konsumen di SPBN dan SPDN, dilakukan melalui "dispenser pump" ke kapal nelayan yang berhak mendapatkan solar bersubsidi. (*)

Pewarta : Hendrina Dian Kandipi
Editor : Anwar Maga
Copyright © ANTARA 2024