Jayapura (Antara Papua) - Pemerintah Provinsi Papua melalui Dinas Komunikasi dan Informasi (Diskominfo) setempat menyediakan layanan internet berkapasitas 60 MBps pada 14 lokasi secara gratis.

Kepala Dinas Komunikasi dan Informasi (Kominfo) Provinsi Papua Kansiana Salle di Jayapura, Kamis, mengatakan, penambahan kapasitas ini tidak hanya dilakukan di lingkungan Pemprov Papua, tetapi pada 14 titik yang berada di Kota dan Kabupaten Jayapura.

"Kami telah melakukan penambahan kecepatan internet hingga mencapai 60 MBps (sebelumnya 20 MBps) untuk memenuhi keperluan layanan data secara elektronik di seluruh Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD) di jajaran Pemprov Papua," katanya.

Kansiana menjelaskan, peningkatan konsumsi transfer data ini merupakan bentuk kerja sama dengan pihak Telkom Papua. Pada Desember 2015 lalu, pemasangan sambungan kabel fiber optik Biak-Jayapura telah rampung.

"Tapi sebenarnya kecepatan 60 MBps ini tak hanya di lingkungan pemerintahan provinsi saja, tetapi juga untuk layanan bagi masyarakat secara komersil," ujarnya.

Dia menuturkan, Gubernur Papua juga telah meluncurkan internet gratis di 14 titik pada Kota dan Kabupaten Jayapura untuk memberi kemudahan layanan bidang teknologi informasi kepada masyarakat.

"Ke-12 titik yang akan memancarkan internet gratis tersebut, yakni di Taman Imbi, Taman Mandiri (Porasko), Kompleks Ruko Pacific Permai, Kompleks Ruko Entrop, GOR Waringon Kotaraja dan GOR APO Jayapura," katanya lagi.

Selain itu, dua titik di Kabupaten Jayapura, khususnya di Kantor Distrik Sentani Timur dan Netar masih dalam penjajakan dan diharapkan semuanya bisa aktif paling lambat hingga akhir bulan ini. (*)

Pewarta : Pewarta: Hendrina Dian Kandipi
Editor : Anwar Maga
Copyright © ANTARA 2024