Jayapura (Antara Papua) - Sekitar 200 kios yang berlokasi di pasar perbatasan RI-Papua Nugini (PNG) di Skouw, Distrik Muara Tami, Kota Jayapura, Provinsi Papua, ludes terbakar, pada Sabtu malam.

Kapolda Papua Irjen Pol Paulus Waterpauw kepada Antara, mengakui, kebakaran yang terjadi sejak pukul 18.20 WIT itu menghanguskan sebagian besar kios yang ada di pasar perbatasan itu,

"Api sulit dipadamkan karena mobil pemadam kebakaran mengalami kerusakan sehingga pemadaman hanya dilakukan secara manual dibantu anggota TNI AD yang bertugas di perbatasan," kata Irjen Waterpauw yang mengaku sedang berada di sekitar tempat kejadian perkara (TKP).

Api baru bisa dipadamkan sekitar pukul 20.40 wit setelah menghanguskan sebagian besar los, kata Kapolda Papua Irjen Pol Waterpauw.

Ketika ditanya penyebab kebakaran, Kapolda Papua mengatakan, kebakaran diduga berasal dari arus pendek salah satu kios yang terbuat dari kayu.

Kios di pasar perbatasan ada yang permanen dan ada yang merupakan bangunan baru yang terbuat dari kayu dan tripleks.

"Jumlah kios permanen sekitar 200 unit dan yang terbuat dari kayu sekitar 70 unit, namun hingga kini belum dapat dipastikan berapa besar kerugiannya," ujar Waterpauw. (*)

Pewarta : Pewarta: Evarukdijati
Editor : Anwar Maga
Copyright © ANTARA 2024