Jayapura (Antara Papua) - Forum Peningkatan Konsumsi Ikan (Forikan) Provinsi Papua mendorong sosialisasi konsumsi ikan di wilayah pegunungan Bumi Cenderawasih.

Ketua Umum Forikan Provinsi Papua Yulce Enembe, di Jayapura, Senin, mengatakan meski Papua memiliki ikan yang melimpah, tapi ironinya jika ditawarkan daging dengan ikan kepada masyarakat pegunungan Papua, pasti daging yang dipilih masyarakat.

"Oleh karena itu, Dinas Kelautan dan Perikanan harus gencar menggiatkan masyarakat untuk mengkonsumsi ikan karena ikan mempunyai gizi yang sangat baik," katanya.

Menurut Yulce, jadi, pemerintah harus fokus untuk meningkatkan konsumsi ikan bagi masyarakat di wilayah pegunungan yang hingga kini konsumsinya masih sangat rendah.

"Selain itu, pemerintah juga harus rutin melakukan sosialisasi sampai ke pelosok-pelosok pegunungan Papua," ujarnya.

Dia menuturkan diharapkan Dinas Kelautan dan Perikanan tidak jalan sendiri, namun harus berkoordinasi dengan pihak-pihak terkait untuk bagaimana mensosialisasikan gemar konsumsi ikan kepada masyarakat di wilayah pegunungan Papua.

"Ikan memiliki unsur gizi yang sangat berkualitas, sehingga pemerintah harus berpikir bagaimana membeli ikan dari masyarakat dan dikirim ke wilayah pegunungan dengan demikian sudah dapat membantu perekonomian masyarakat," katanya lagi.

Dia menambahkan pemerintah jangan hanya mengimbau masyarakat konsumsi ikan, tapi bagaimana untuk mengangkat perekonomian masyarakat.

Sekadar diketahui, berdasarkan data Dinas Kelautan dan Perikanan tingkat konsumsi ikan di wilayah pegunungan masih dibawah satu persen, sementara di wilayah pesisir sudah sampai 38 persen dan di atas rata-rata nasional. (*)

Pewarta : Pewarta: Hendrina Dian Kandipi
Editor : Anwar Maga
Copyright © ANTARA 2024