Jayapura (Antara Papua) - Panitia Pengawas Pemilu (Panwas) Kabupaten Jayapura akan menempatkan pengawas di semua Tempat Pemungutan Suara (TPS) di wilayah itu, yang nantinya dilengkapi telepon cerdas (smartphone) untuk kepentingan pelaporan hasil penghitungan suara.

"Setelah direkam, hasil perhitungan akan langsung dikirim ke admin di Kantor Panwaslu Kabupaten Jayapura," kata Ketua Panwaslu Kabupaten Jayapura Ronald Michael Manoach, ketika dihubungi Antara dari Jayapura, Senin.

Menurut Ronald, khusus daerah yang sulit dijangkau jaringan telekomunikasi selular akan dikoordinasikan dengan pihak Telkomsel untuk menanganinya.

"Dalam waktu dekat kami akan membuat Memorandum of Understanding (MoU) dengan Telkomsel terkait daerah yang sulit jaringan selular," ujarnya.

Dia menjelaskan kini pihaknya tengah berada di Kantor Badan Pengawas Pemilihan Umum (Bawaslu) RI untuk berkoordinasi mengenai pengawasan TPS berbasis Teknologi Informasi (IT).

Badan Pengawas Pemilihan Umum (Bawaslu) juga berencana untuk mendesain sistem pengawasan tempat pemungutan suara berbasis teknologi sehingga lebih transparan bagi masyarakat.

Ketua Bawaslu Nasrullah mengatakan melalui sistem tersebut hasil penghitungan suara di TPS berupa lembar C1 dan sertifikasi berita acara bisa didokumentasikan sehingga bisa mencegah perselisihan usai pilkada. (*)

Pewarta : Pewarta: Hendrina Dian Kandipi
Editor : Anwar Maga
Copyright © ANTARA 2024