Jayapura (Antara Papua) - Badan Narkotika Nasional (BNN) Provinsi Papua mengutus tim ke Kabupaten Mappi untuk memeriksa urine pasangan bakal calon yang sudah mendaftar sebagai peserta pilkada di Komisi Pemilihan Umum (KPU) setempat.

Kepala BNN Papua Jackson Lapalongan kepada Antara, di Jayapura, Senin, mengatakan, tim yang ke Mappi berjumlah tujuh orang dan akan melakukan pemeriksaan urine, dan pengambilan sampel rambut.

Untuk sampel rambut, kata Jackson, akan langsung dikirim ke laboratorium BNN di Jakarta, sedangkan urine dapat langsung diketahui hasilnya.

"Hasil tes rambut kemungkinan baru dapat diterima hasilnya empat hingga seminggu setelah dikirim," kata Jackson.

Sedangkan pemeriksaan urine dan sampel rambut untuk pasangan bakal calon peserta pilkada di 10 kabupaten/kota lainnya, dilakukan di kantor BNN Papua di Kota Jayapura.

Tim dokter dibantu beberapa staf termasuk analis siap melaksanakan pemeriksaan dan mengawal pengiriman rambut yang berasal dari para calon untuk dikirim ke BNN di Jakarta.

Sebanyak 11 kabupaten/kota di Provinsi Papua melaksanakan pilkada serentak yakni Kota Jayapura, Kabupaten Jayapura, Lanny Jaya, Nduga, Dogiay, Intan Jaya, Mappi, Kepulauan Yapen, Puncak Jaya, Sarmi dan Kabupaten Tolikara. (*)

Pewarta : Pewarta: Evarukdijati
Editor : Anwar Maga
Copyright © ANTARA 2024