Merauke (Antara Papua) - Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Muhadjir Effendy mengatakan pendidikan di Kabupaten Merauke, Provinsi Papua, menjadi prioritas pengembangan sebab berada di ujung timur Indonesia dan berbatasan langsung dengan negara tetangga, Papua Nugini.

"Ini daerah Indonesia timur yang oleh Presiden dipesankan sebagai bagian dari prioritas pembangunan pendidikan, apalagi di sini juga wilayah terdepan, terluar, dan tertinggal yang juga kita akan berikan fokus," kata Menteri Muhadjir di Merauke, Kamis.

Kunjungannya ke Merauke, kata dia, untuk melihat secara dekat perkembangan pendidikan, sekaligus menyerahkan Kartu Indonesia Pintar (KIP).

"Saya mau mengecek kondisi fisik yang ada di sini, mengecek keadaan guru, mempelajari peta pendidikan di sini," katanya.

Menurut Muhadjir, Papua merupakan satu daerah penerima KIP yang telah dicanangkan oleh Presiden Joko Widodo beberapa waktu lalu sehingga kementerian memfokuskan perhatian agar kartu itu bisa dimiliki seluruh pelajar.

"Di Papua oleh Presiden akan mendapatkan KIP, yang jelas di Merauke ini semua dapat," katanya.

Berdasarkan informasi yang diperoleh, Mendikbud bersama rombongan akan melakukan kunjungan kerja ke tiga kabupaten di Papua, yaitu Kabupaten Merauke, Lanny Jaya, dan Jayapura.

Menteri Muhadjir tiba di Bandara Mopah Merauke pada Kamis, sekitar pukul 8.59 WIT dan disambut Bupati Merauke Frederikus Gebze, Wakil Bupati Sularso, dan pejabat daerah lainnya. (*)

Pewarta : Pewarta: Marius Frisson Yewun
Editor :
Copyright © ANTARA 2024