Biak (Antara Papua) - Mayor Lek Hera Himawan Wahyudi resmi menjabat Komandan Satuan (Dansat) Radar 245 Saumlaki, menggantikan Mayor Lek Eko Patra Teguh W.

Serah terima jabatan Dansat Radar Saumlaki itu digelar di Markas Komando Sektor Pertahanan Udara Nasional IV di Biak, Kabupaten Biak Numfor, Provinsi Papua, Jumat.

Mayor Lek Hera Himawan Wahyudi sebelumnya menjabat PS sementara Kaposek Kosek Hanudnas IV, sedangkan Mayor Lek Eko Patra Teguh W akan mengisi jabatan Kaposek Kosek IV Hanudnas di Biak.

Prosesi serah terima jabatan itu dipimpin Panglima Komando Sektor (Pangkosek) Pertahanan Udara Nasional (Hanudnas) IV Biak Marsekal Pertama (Marsma) TNI Tamsil Gustari Malik, dalam upacara militer.

Pangkosek Hanudnas IV Marsma TNI Tamsil Gustari Malik mengatakan, pergantian jabatan di jajaran TNI dimaksudkan sebagai "tour of duty" dan "tour of area" yang bertujuan memberikan bekal pengalaman tambahan bagi perwira yang bersangkutan dalam pengembangan karier sebagai prajurit.

"Serah terima jabatan ini juga untuk mendorong pembaharuan dan semangat penyegaran pemikiran yang diorientasikan kepada peningkatan kinerja organisasi," katanya.

Menurut Pangkosek Marsma Tamsil, Satuan Radar 245 Saumlaki mempunyai tugas dan tanggung jawab yang sangat penting mengingat luasnya wilayah utara bagian Timur Indonesia dan masih terbatasnya kemampuan sistem senjata pertahanan udara yang digelar di wilayah ini.

Penempatan Satuan Radar di Saumlaki, kata Marsma Tamsil, sangat strategis mengingat adanya kerawanan gangguan wilayah udara nasional yang berbatasan langsung dengan negara tetangga Australia dan Timor Leste.

Selepas acara sertijab Dansat Radar 245 Saumlaki itu dilanjutkan dengan serah terima Ketua Organisasi IKKT Pragati Wira Anggini Anak Ranting 005 Satuan Radar 245 dari Ny Eko Patra Teguh Wibowo kepada Ny Hera Himawan Wahyudi, dipimpin Ketua IKKT PWA Ranting 06 Kosek Hanudnas IV Ny Tamsil Gustari Malik.

Ikut menyaksikan sertijab Komandan Bataliyon 468 Sarotama Paskhas Letkol Pas Paulus Purwadi, perwira di lingkup Kosek Hanudnas IV Biak serta komandan Satuan Radar tanjung Barari. (*)

Pewarta : Pewarta: Muhsidin
Editor : Anwar Maga
Copyright © ANTARA 2024