Jayapura (Antara Papua) - Berbagai atraksi ketangkasan mewarnai peringatan HUT ke-71 Korps Brimob yang dipusatkan di lapangan Mako Brimob di Kotaraja, Kota Jayapura, Provinsi Papua, Senin.

Atraksi ketangkasan yang dilakukan anggota Brimob diantaranya rappling dari menara, tari yosim pancar yang diperagakan ibu-ibu bhayangkari Brimob.

Sebelum atraksi terlebih dahulu dilakukan upacara dipimpin Kapolda Papua Irjen Pol Paulus Waterpauw dihadiri Kasdam XVII Cenderawasih Brigjen TNI Herman Asaribab, Dan Lantamal X Jayapura Laksamana Pertama Heru Kusmanto, Kepala BNN Papua Brigjen Pol Sukirman dan Komandan Lanud Jayapura Kol (P) Erwan Andrian.

Kapolda Papua Irjen Pol Paulus Waterpauw dalam kesempatan itu menyampaikan terima kasih atas pemberian lahan seluas 150 hektare oleh Kepala Suku Besar Koya Koso Eli Waskai kepada Brimob Polda Papua.

"Lahan tersebut akan dibangun markas komando atau Mako Batalyon A Brimob Polda Papua hingga nantinya terpisah dengan Mako Brimob di Kotaraja," kata Irjen Pol Waterpauw.

Ia mengatakan pihaknya juga akan membentuk Batalyon D di Wamena dan Batalyon E di Merauke sedangkan batalyon yang sudah ada yakni Batalyon B di Timika dan Batalyon C di Nabire.

Adanya penambahan batalyon baru maka mempermudah pergerakan anggota bila kondisi keamanan mengalami peningkatan, kata Kapolda Papua Irjen Pol Waterpauw.

Sementara itu Dansat Brimob Kombes Matias Fakhiri secara terpisah kepada Antara mengatakan masih dalam rangkaian HUT Brimob pihaknya akan menggelar malam prajurit yang dilaksanakan 19 November mendatang.

"Malam prajurit akan melibatkan seluruh anggota termasuk mengundang anggota tni," kata Kombes Fakhiri. (*)

Pewarta : Pewarta: Evarukdijati
Editor : Anwar Maga
Copyright © ANTARA 2024