Jayapura (Antara Papua) - Wakil Gubernur Papua Klemen Tinal memberikan apresiasi yang tinggi terhadap kunjungan Wakil Duta Besar (Dubes) Amerika Serikat (AS) untuk Indonesia Brian McFeeters bersama rombongan di Bumi Cenderawasih.

"Kedatangan rombongan Kedutaan Besar AS merupakan kunjungan rutin dan merupakan kunjungan perdana bagi Wakil Duta Besar AS untuk Indonesia Brian McFeeters ke Papua," kata Klemen di Jayapura, Kamis.

Klemen menjelaskan dalam kunjungan tersebut, rombongan Brian juga meninjau program USAID bersama Pemerintah Provinsi (Pemprov) Papua di berbagai bidang.

"USAID mempunyai lima program umum dilakukan bersama-sama dengan Papua di antaranya bidang pendidikan, konservasi hutan, ekonomi, peningkatan kapasitas di pemerintahan yang sudah berlangsung selama ini," ujarnya.

Dia menuturkan Wakil Dubes AS juga ingin melihat secara langsung sejauh mana kemajuan dari kerja sama dalam program USAID.

"Kami dari Provinsi Papua mengucapkan terima kasih kepada Duta Besar di mana USAID telah banyak membantu masyarakat maupun pemerintah seperti HIV/AIDS, pendampingan di sekolah, perguruan tinggi dan lain sebagainya," katanya lagi.

Dia menambahkan selain itu juga bagaimana ekonomi masyarakat Papua bisa meningkat dan lain sebagainya, tentunya dengan jumlah penduduk yang kecil dengan wilayah yang besar.

"Mungkin jika bisa mendatangkan turis juga baik, pasalnya para turis dapat menghabiskan uang di Papua seperti itu karena wilayah ini terbuka seperti daerah lain, jangan sampai diperumit administrasinya," ujarnya lagi. (*)

Pewarta : Pewarta: Hendrina Dian Kandipi
Editor : Anwar Maga
Copyright © ANTARA 2024