Jayapura (Antara Papua) - Gubernur Papua beserta rombongan membatalkan semua kegiatan dan acara pemerintahan di Enarotali, Kabupaten Paniai, pascameninggalnya Bupati Yalimo Er Dabi di Timika pada Rabu pagi.

Kepala Biro Humas dan Protokol Setda Provinsi Papua Israil Ilolu di Jayapura, mengatakan rencananya Gubernur Papua akan meresmikan Kantor Bupati Paniai pada Rabu (7/12).

"Rombongan pertama sudah tiba terlebih dulu di Enarotali, rencananya Gubernur Papua dan rombongan selanjutnya akan terbang `flight` kedua, tapi ketika mendengar kabar meninggalnya Bupati Yalimo semua dibatalkan," katanya.

Menurut Israil, akhirnya rombongan pertama yang sudah tiba di Enarotali diperintahkan Gubernur Papua untuk kembali ke Timika.

"Semua rombongan Gubernur Papua kini masih menunggu informasi selanjutnya untuk pengurusan jenazah almarhum," ujarnya.

Bupati Yalimo Er Dabi meninggal dunia saat menjalankan tugas pemerintahan bersama rombongan Gubernur Papua di Timika, Kabupaten Mimika.

Berdasarkan informasi yang diperoleh, Bupati Yalimo Er Dabi pada Rabu pagi ini, sempat mengeluh sakit lalu dibawa ke klinik di dekat Bandara Timika Moses Kilangin.

"Gubernur dan Sekda Papua beserta rombongan sebelum naik pesawat sempat menjenguk Bupati Yalimo di klinik, jarak antara klinik dan bandara sekitar 10 menit," kata Israil. (*)

Pewarta : Pewarta: Hendrina Dian Kandipi
Editor : Anwar Maga
Copyright © ANTARA 2024