Asmat (Antara Papua) - Jajaran Koramil 1707-12/Sawa Erma membangun jamban untuk warga di Kampung Sauti, Distrik Sawa Erma, Kabupaten Asmat, Provinsi Papua, sebagai bagian dari rangkaian kegiatan memperingati Hari Juang Kartika ke-71, pada Senin (12/12).

"Seperti diketahui, pola hidup di masyarakat perkampungan yang masih enggan memperhatikan pola hidup sehat menuntut kepedulian kita bersama untuk selalu pro aktif memberikan penyuluhan-penyuluhan serta penyediaan sarana kesehatan, termasuk fasilitas jamban," kata Danramil 1707-12/Sawa Erma, Kapten Inf. Rajab Lahamini.

Ia mengatakan sebelum pembangunan jamban itu direalisasi, terlebih dahulu dilakukan koordinasi dengan tokoh agama dan tokoh masyarakat setempat tentang rencana pembuatan jamban.

Pembuatan jamban itu merupakan wujud kepedulian Koramil 1707-12/Sawa Erma untuk membantu masyarakat dalam menerapkan gaya hidup sehat.

"Sesuai rencana kami akan membangun delapan unit jamban, namun untuk sementara ini, kami akan menyelesaikan dua unit jamban dulu, sisanya nanti," ujarnya.

Ia berharap, jamban yang dibangun itu nantinya dapat dimanfaatkan dengan baik oleh warga setempat sekaligus termotivasi untuk membiasakan pola hidup sehat, sehingga tidak ada lagi penyakit-penyakit yang timbul di masyarakat hanya karena kurangnya menjaga kesehatan lingkungan termasuk diantaranya buang air besar secara sembarang.

Sedangkan L. Wembeiy, salah seorang warga Kampung Sauti mengaku senang atas upaya yang diprakarsai Danramil 1707-12/Sawa Erma ini.

Ia berharap, seiring berjalannya waktu, kampung-kampung yang lain juga dibangun fasilitas-fasilitas seperti itu, sehingga warga masyarakat dapat merasakan secara merata akan arti pentingnya menjaga pola hidup sehat. (*/adv)

Pewarta :
Editor : Anwar Maga
Copyright © ANTARA 2024