Timika (Antara Papua) - Pemerintahan Kabupaten Mimika, Provinsi Papua, menggandeng Universitas Cenderawasih (Uncen) guna meningkatkan Sumber Daya Manusia (SDM) Aparatur Sipil Negara (ASN) setempat.

Sekretaris Daerah (Sekda) Kabupaten Mimika Ausilius You di Timika, Jumat, mengatakan pemkab telah menandatangani perjanjian kerja sama dengan Uncen untuk membuka kelas khusus beberapa Fakultas di Timika baik untuk jenjang strata satu (S1) maupun strata dua (S2).

"Jadi para ASN ini tidak lagi dikirim ke Jayapura atau kota studi lain. Mereka tinggal mengikuti perkuliahan di Timika," katanya.

"Selama ini sudah berjalan dan diikuti oleh ASN. Bukan saja itu, sejumlah honorer dan masyarakat umum juga ikut program kerja sama ini," ujarnya.

Selain beberapa kelas di Fakultas Kesehatan, Hukum dan Ekonomi Uncen yang telah berjalan selama kurang lebih satu tahun ajaran, dan Uncen akan membuka lagi beberapa kelas dari fakultas lain diantaranya Kesehatan dan Pendidikan.

Selain menyediakan kelas program kerja sama dengan Uncen, Pemkab Mimika juga akan menanggung biaya pendidikan para ASN tersebut.

Sedangkan para honorer akan ditanggung pemkab sesuai rekomendasi pimpinan Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD) bersangkutan.

"Kita memang akan biaya kuliah karena ini untuk kepentingan peningkatan kualitas SDM di masing-masing SKPD. Sedangkan untuk para honorer yang dibiayai berdasarkan pertimbangan dan keputusan masing-masing pimpinan SKPD," ujar Ausilius. (*)

Pewarta : Pewarta: Jeremias Rahadat
Editor : Anwar Maga
Copyright © ANTARA 2024