Nabire (Antara Papua) - Prajurit TNI dari Koramil 1705-04/Napan bersama aparat pemerintahan kampung memantau kondisi kali sekaligus memperlancar aliran air Kali Musairo yang berada di Kampung Legari Jaya, Distrik Makimi, Kabupaten Nabire, Provinsi Papua, pada Jumat (27/1).

Dua orang anggota Koramil 1705-04/Napan yakni Sertu Fiki Bahtiar dan Kopda Maswandi, serta Kepala Kampung Legari Jaya terlibat aktif dalam pemantauan tersebut.

Mereka menyisir aliran kali dan menyingkirkan potongan kayu yang menyumbat aliran air, melebarkan kali yang mulai menyempit dan menggali endapan lumpur yang menumpuk agar air bisa mengalir lebih lancar sampai ke muara.

"Upaya tersebut dimaksudkan agar air tidak meluap dan menyebabkan banjir yang bisa mengganggu aktifitas warga Kampung Legari jaya dan sekitarnya," kata Sertu Fiki Bahtiar.

Selain itu, kedua anggota Koramil Napan itu juga memberikan arahan kepada warga untuk senantiasa menjaga dan memantau aliran Kali Musairo karena jika sampai terjadi banjir maka akan menimbukan bibit-bibit penyakit yang tidak diinginkan.

Sedangkan Kepala Kampung Legari Jaya Trimo Sugiatmo mengucapkan banyak terima kasih kepada anggota Koramil Napan yang bersedia memantau aliran kali dan memberikan arahan kepada warga.

"Diharapkan ke depan Kampung Legari Jaya dan sekitarnya tidak terkena banjir lagi," ujar Trimo. (*/adv)

Pewarta : Pewarta: Staf Pendam XVII/Cenderawasih
Editor : Anwar Maga
Copyright © ANTARA 2024