Timika (Antara Papua) - Empat maskapai penerbangan nasional berencana membuka rute penerbangan ke Bandara Mozes Kilangin Timika, Provinsi Papua, dalam tahun ini.

Kepala Dinas Perhubungan, Komunikasi dan Informatika Mimika John Rettob di Timika, mengatakan empat maskapai penerbangan itu yakni Batik Air, Wings Air, Citilink dan Lion Air.

Maskapai Wings Air rencananya akan membuka rute penerbangan intra Papua yaitu dari Nabire--Timika--Wamena-Timika-Langgur (Maluku Tenggara).

Pihak Wings Air berencana mengoperasikan pesawat jenis ATR 72 untuk menerbangi rute-rute tersebut.

Adapun maskapai Batik Air rencananya akan menerbangi rute Timika--Makassar--Jakarta (Bandara Halim Perdana Kusuma).

Sedangkan maskapai Citilink berencana menerbangi rute Jayapura--Timika--Jakarta (Bandara Soekarno-Hatta Cengkareng).

"Tiga maskapai ini sudah datang ke Timika untuk melakukan evaluasi. Sedangkan maskapai Lion Air sebetulnya sudah lama merencanakan terbang ke Timika, namun sampai sekarang belum terealisasi," jelas John.

John mengatakan Pemerintah Kabupaten Mimika dan masyarakat setempat tentu menyambut antusias jika empat maskapai tersebut mengoperasikan armada pesawat untuk terbang ke Timika.

"Sudah tentu masyarakat pengguna jasa penerbangan di Timika akan terbantu karena dengan demikian ada banyak pilihan bagi warga untuk bepergian dengan menggunakan pesawat terbang. Dengan semakin banyaknya maskapai penerbangan yang masuk ke Timika, tentu harga tiket penerbangan juga semakin bersaing," kata John.

Menurut dia, seharusnya maskapai Wings Air sudah dapat merealisasikan penerbangan ke Bandara Timika karena ijinnya sudah diberikan.

"Sampai sekarang kami belum bisa memberikan slot time ke Wing Air karena kami masih membutuhkan perbaikan fasilitas terminal VIP Bandara Timika (Bandara baru) yang sekarang digunakan sementara untuk terminal umum. Kami menargetkan maksimal sebelum liburan sekolah pada bulan Juni-Juli tahun ini tiga maskapai penerbangan ini sudah bisa beroperasi ke Timika," ujar John.

Fasilitas yang masih harus dibenahi di gedung terminal VIP Bandara baru Timika yaitu penambahan loket counter check in penumpang.

"Kami akan benahi ruang tunggu penumpang di lantai dua terminal VIP Bandara baru Timika yang semula direncanakan untuk ruang tunggu VIP akan digunakan sementara waktu untuk ruang tunggu penumpang umum. Kami juga akan menambah loket check in penumpang. Sekarang baru ada dua loket check in," jelas John. (*)

Pewarta : Pewarta: Evarianus Supar
Editor : Anwar Maga
Copyright © ANTARA 2024