Jayapura (Antara Papua) - Gubernur Papua Lukas Enembe meyakini pembangunan jalan transPapua akan dapat mempercepat pertumbuhan ekonomi, khususnya di wilayah-wilayah yang selama ini belum bisa diakses melalui transportasi darat.

"Infrastruktur jalan sedang kita bangun diharapkan 2018 jalan transPapua sudah bisa kita buka, dengan demikian akan banyak terjadi perubahan-perubahan di Papua," ujar Lukas, di Jayapura, Selasa.

Ia beranggapan bahwa pertumbuhan ekonomi Papua di 2016 sebesar 9,21 persen sudah bagus, namun hal tersebut belum merata dan hanya terjadi di wilayah tertentu saja.

Oleh karena itu dengan pembangunan jalan transPapua diyakini bisa mendorong pembangunan yang lebih cepat dan efektif, karena biaya distribusi yang selama ini sangat membebani bisa dipangkas.

"Kalau infrastrukturnya sudah mantap, pasti pertumbuhan ekonominya akan semakin baik," kata dia.

Enembe pun memuji komitemen Presiden Joko Widodo (Jokowi) yang diakuinya sangat fokus pada pembangunan infrastruktur.

"Pemerintah Jokowi lebih menekankan pada pembangunan infrastruktur, saya sudah lihat kemajuan yang dicapai luar biasa. Dulu kita tidak bisa jumpai pesawat besar masuk ke Papua, tapi kemarin saya ke Merauke luar biasa bandaranya sudah diperbaiki oleh pemerintah," ujarnya lagi.

Dia pun meminta dukungan dari semua pihak untuk bisa berkontribusi dalam proses pemerataan pembangunan di Papua.

"Pemerintah daerah telah memrogramkan percepatan pembangunan infrastruktur daerah dalam rangka mendorong ekonomi produktif yang lebih efisien. Namun ini juga memerlukan dukungan dan peran serta industri jasa keuangan dan pelaku usaha untuk mendukung program pembangunan," kata Enembe. (*)

Pewarta : Pewarta: Dhias Suwandi
Editor : Anwar Maga
Copyright © ANTARA 2024