Jayapura (Antara Papua) - Pasangan calon Bupati dan Wakil Bupati Tolikara nomor urut 2 Amos Jikwa-Rebeka Enembe mengakui keunggulan dan kemenangan Usman Wanimbo-Dinus Wanimbo pasangan calon nomor urut 1 pada pilkada serentak 2017.

Amos Jikwa, calon Bupati Tolikara, di Jayapura, Selasa, mengatakan berdasarkan laporan saksi-saksinya dan hasil perolehan suara di lapangan, nomor urut 1 meraih 70 persen suara pemilih sesuai hasil tabulasi data.

"Untuk itu saya mengucapkan selamat kepada Usman Wanimbo untuk melanjutkan periode keduanya bersama Dinus Wanimbo," katanya.

Menurut Amos, pihaknya harus menyatakan rasa bangga dan terima kasih kepada seluruh masyarakat Kabupaten Tolikara yang telah menyalurkan hak politiknya menentukan pemimpin untuk lima tahun ke depan dalam suasana demokratis, damai dan aman.

"Tidak ada gejolak maupun konflik apapun yang terjadi, semua berjalan dengan lancar, aman dan damai, inilah demokrasi yang sesungguhnya, demokrasi yang diidam-idamkan oleh masyarakat Tolikara," ujarnya.

Dia menjelaskan sebagai calon bupati, pihaknya menerima hasil ini dengan jiwa besar dan tidak akan melakukan langkah hukum apapun termasuk di MK, karena kemenangan Usman-Dinus Wanimbo adalah kehendak rakyat yang telah menentukan hak politiknya pada pilkada.

Sementara itu, paslon Usman-Dinus Waminbo memberikan apresiasi kepada Amos-Rebeka yang telah mengakui keunggulannya, sebagai sikap yang luar biasa dan jarang terjadi dalam ajang pilkada di Provinsi Papua.

"Ini bukan kemenangan kami saja tapi seluruh rakyat Tolikara, sehingga mengimbau kepada seluruh tim dan pendukung agar tetap menjaga keamanan dan ketertiban di Tolikara," katanya. (*)

Pewarta : Pewarta: Hendrina Dian Kandipi
Editor : Anwar Maga
Copyright © ANTARA 2024