Jayapura (Antara Papua) - Kepolisian Resort (Polres) Boven Digoel menemukan ladang ganja seluas 60 meter persegi di Jair, Distrik Jair, Kabupaten Boven Digoel, Provinsi Papua, yang terletak di kawsan perbatasan RI-Papua Nugini (PNG).

"Ladang ganja yang ditemukan diperkirakan berumur 4-6 bulan," kata Kapolres Boven Digoel AKBP Yamin Priono kepada Antara yang dihubungi melalui telepon selularnya dari Jayapura, Senin.

Ia mengatakan keberadaan ladang ganja itu terungkap berkat laporan dari masyarakat dan setelah dikembangkan akhirnya ditemukan lokasinya.

Tidak tertutup kemungkinan masih banyak ladang ganja sehingga diharapkan peran serta masyarakat karena mereka yang lebih banyak mengetahui bagaimana situasi di daerahnya.

"Tanpa bantuan masyarakat maka sulit bagi anggota untuk menemukan ladang ganja karena letaknya yang jauh dari pemukiman masyarakat," ujar AKBP Yamin.

Ia menduga tanaman ganja itu mulai ditanam secara masif oleh masyarakat sehingga tanpa bantuan dan informasi dari warga maka polisi atau aparat keamanan lainnya sulit menemukan dan memusnahkannya.

Distrik Jair merupakan salah satu distrik di wilayah yang berbatasan langsung dengan Papua Nugini (PNG) dan barang bukti berupa tanaman ganja masih diamankan di pos polisi camp 19 Polsek Jair, kata AKBP Yamin. (*)

Pewarta : Pewarta: Evarukdijati
Editor : Anwar Maga
Copyright © ANTARA 2024