Timika (Antara Papua) - Kodim 1710/Mimika bekerja sama dengan Dinas Pertanian Tanaman Pangan dan Perkebunan Kabupaten Mimika, Provinsi Papua, menggelar penyuluhan diversifikasi pangan di kalangan kelompok tani, di Balai Pertemuan Kampung Bhituka, pada Rabu (12/4).

Penyuluhan tersebut merupakan bagian dari rangkaian kegiatan TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD) ke-98 TA 2017 yang dipusatkan di Kampung Bhituka, Distrik Kuala Kencana, Kabupaten Mimika, Porvinsi Papua.

Narasumber pada penyuluhan tersebut yakni Kadis Pertanian Tanaman Pangan dan Perkebunan Ir Yohana Paliling MSi, yang didampingi Sekretaris Dinas Pertanian Stepanus Susanto, dan Kepala Bidang Pengolahan dan Pemasaran Hasil Pertanian (P2HP)  Ir Endro Dwi Pratomo MSi, serta Kaur Pemerintahan Kampung Bhituka SP 13 Daud.

Sedangkan pesertanya sebanyak 40 orang yang umumnya merupakan kaum ibu kelompok tani binaan Kodim Mimika.

Pada kesempatan itu, Pasiter Kodim Mimika Kapten Inf Rustam meminta para kelompok tani agar fokus mengikuti penyuluhan tersebut dengan harapan setelah kegiatan itu bisa langsung diaplikasikan guna menunjang perekonomian masyarakat.

Sementara Kabid P2HP melibatkan kelompok Wanita Tani dari Kampung Wonosari Jaya Distrik Wania, untuk membantu mempraktekkan langsung cara mengolah makan umbi-umbian.

Ny Nungki dari Wanita Tani mengajarkan cara membuat puding ungu bahan dasar petatas ungu dipadu dengan agar-agar, dan cara membuat lobi-lobi petatas bahan dasar petatas dan gula merah, serta kue mataroda bahan dasar singkong dan pisang.

"Pengetahuan tentang cara pemanfaatan hasil umbi-umbian bagi masyarakat sangat diperlukan, hal ini mengingat masyarakat lokal di Kampung Bhituka, umbi-umbian merupakan makanan pokok, dan hasil kebun langsung dijual di pasar. Dengan adanya kegiatan ini diharapkan penjualan hasil kebun bukan hanya bahan mentah tapi sudah bisa berkreasi menghasilkan makanan olahan," ujar Endro. (*/adv)

Pewarta :
Editor : Anwar Maga
Copyright © ANTARA 2024