Jayapura (Antara Papua) - Presiden Joko Widodo akan meresmikan tiga proyek pembangunan yang berlokasi di Kota Jayapura, dalam kunjungan kerjanya di Provinsi Papua selama dua hari yakni 9-10 Mei 2017.

Ketiga proyek pembangunan yang akan diresmikan itu yakni Pos Lintas Batas Negara (PLBN) di Skouw, Kecamatan Muara Tami, PLTU Holtekam juga di Muara Tami, dan pasar Mama-mama Papua yang berlokasi di jalan Percetakan, Kota Jayapura.

Pangdam XVII/Cenderawasih Mayjen TNI Hinsa Siburian kepada Antara di Jayapura, Senin, mengatakan selain meresmikan tiga proyek pembangunan, Presiden juga akan menyerahkan Kartu Indonesia Sehat (KIS), Kartu Indonesia Pintar (KIP), Program Keluarga Harapan (PKH) dan penyerahan sertifikat tanah.

Sedangkan di Wamena, Kabupaten Jayawijaya, Presiden Joko Widodo akan meninjau pembangunan jalan Wamena-Habema sepanjang 47 kilometer menggunakan kendaraan roda empat dan sepeda motor.

"Ruas jalan Wamena-Habema sepanjang 47 kilometer yang sedang dibangun masih tersisa sekitar lima kilometer yang belum diaspal sehingga Bapak Presiden akan menggunakan sepeda motor," kata Mayjen Siburian yang mengaku baru kembali dari Wamena.

Sementara itu, Kepala Balai Besar Pembangunan Jalan Nasional (BBPJN) Wilayah XVIII Papua Oesman Marbun secara terpisah mengatakan, pembangunan jalan Wamena-Habema merupakan bagian dari proyek jalan Wamena-Mumugu sepanjang 284 kilometer.

Bila selesai dibangun maka diharapkan berbagai kebutuhan masyarakat dapat diangkut melalui jalan darat karena di Mumugu akan dibangun pelabuhan.

"Kesulitan dalam melaksanakan pembangunan jalan ruas Wamena-Mumugu adalah faktor geografis termasuk cuaca yang terkadang ekstrim," kata Marbun. (*)

Pewarta : Pewarta: Evarukdijati
Editor : Anwar Maga
Copyright © ANTARA 2024