Timika (Antara Papua) - Pemerintah Kabupaten Mimika, Provinsi Papua, akan mengajak Presiden Joko Widodo bersama rombongan untuk meninjau terminal baru Bandara Mozes Kilangin Timika saat transit di Timika Rabu (10/5) petang, usai melakukan kunjungan kerja di Wamena.

Kepala Bappeda Mimika Simon Motte di Timika, Selasa, mengatakan, Presiden Jokowi bersama rombongan diagendakan akan transit di Bandara Timika selama sekitar satu jam.

Selama waktu transit di Timika itu, Presiden Jokowi bersama rombongan akan diajak meninjau Gedung Terminal VIP dan lokasi Pembangunan Terminal Umum di sisi selatan Bandara Mozes Kilangin Timika.

Gedung Terminal VIP dibangun oleh Pemkab Mimika, sedangkan Terminal Umum (baru dipasang rangka baja) dibangun oleh Kementerian Perhubungan.

"Rencana sementara yang kami susun, di Gedung Terminal VIP nanti Pemda Mimika akan mempresentasikan selayang pandang tentang Kabupaten Mimika, arah dan kebijakan serta program prioritas pembangunan Kabupaten Mimika," jelas Motte.

Selain itu, hal-hal yang akan dijelaskan kepada Presiden Jokowi bersama rombongan yaitu bidang-bidang infrastruktur yang sudah, sedang dan akan dibangun oleh Pemkab Mimika seperti gedung Terminal Baru Bandara Mozes Kilangin Timika, dan Pelabuhan Paumako di Distrik Mimika Timur.

"Kedua hal ini penting kami sampaikan ke Bapak Presiden karena berkaitan langsung dengan program pemerintah yaitu Tol Laut dan Tol Udara dimana salah satu titik utama kedua program tersebut berada di Timika," jelas Motte.

Pemkab Mimika juga akan menyampaikan data pembangunan jalan baik jalan kabupaten, jalan provinsi dan jalan nasional di wilayah Mimika.

Hal yang tidak kalah penting lainnya yaitu kesiapan Pemkab Mimika dalam mendukung program pemerintah dalam hal pembangunan industri smelter atau pemurnian bahan tambang dalam negeri di Mimika.

"Kami juga akan menjelaskan kesiapan Pemda Mimika dalam hal mendukung penyelenggaraan PON ke 20 tahun 2020 di Provinsi Papua. Akan ada venue-venue yang nanti akan dibangun di Timika selain Gedung Olahraga (Mimika Sport Complex) yang sudah rampung dibangun oleh PT Freeport Indonesia di Timika," ujar Motte.

Motte mengatakan Pemkab Mimika belum mengetahui agenda utama Presiden Jokowi bersama rombongan selama transit di Bandara Timika.

"Pada prinsipnya kami siap menyampaikan semua materi itu langsung kepada Bapak Presiden, namun agenda apa-apa saja yang nanti beliau lakukan di Timika, kami belum tahu persis," kata Motte.

Presiden Jokowi bersama rombongan pada Selasa pagi tiba di Jayapura untuk meresmikan sejumlah proyek infrastruktur di Kabupaten Jayapura. Selanjutnya Presiden Jokowi bersama rombongan melanjutkan kunjungan kerja ke Wamena, ibu kota Kabupaten Jayawijaya untuk meresmikan pengoperasian ruas jalan Trans Papua yang menghubungkan Kabupaten Nduga hingga Wamena.

Sebelum kembali ke Jakarta, Presiden Jokowi bersama rombongan terlebih dahulu akan transit di Bandara Mozes Kilangin Timika pada Rabu (10/5) petang. (*)

Pewarta : Pewarta: Evarianus Supar
Editor : Anwar Maga
Copyright © ANTARA 2024