Timika (Antara Papua) - Dinas Perhubungan, Komunikasi dan Informatika (Dishubkominfo) Kabupaten Mimika, Provinsi Papua, akan membangun lapangan terbang (lapter) dan pelabuhan di Kampung Ipaya, Distrik Amar untuk mendukung pengembangan sektor pariwisata di wilayah itu.

Kepala Dishubkominfo Kabupaten Mimika John Rettob di Ipaya, Selasa, mengatakan bahwa pihaknya telah melakukan studi pada 2016 untuk pembangunan lapter dan dua pelabuhan di wilayah Ipaya.

"Kita agendakan tahun ini mulai pembangunan lapangan terbang dan dua pelabuhan sekaligus," kata John.

Menurut John, masyarakat tiga kampung, Ipaya, Paripi dan Yaraya telah menyerahkan tanah secara gratis kepada Pemkab Mimika untuk pembangunan lapangan terbang dan pelabuhan.

"Untuk lapangan terbang kita rencana bangun `run way` sepanjang 2.000 meter. Sedangkan dermaga ASDP akan dibangun di Kampung Ipiri, dan dermaga terapung akan dibangun di Kampung Yaraya," ujar John.

Dermaga tersebut akan disandari oleh kapal jenis roro dan kapal-kapal kecil lain yang mengangkut pelancong yang ingin berwisata di pantai Ipaya.

Selain itu, Dishubkominfo juga akan melakukan pelebaran kali dari Kokonao, Distrik Mimika Barat menuju Ipaya yang juga diagendakan di 2017 sebagai jalur transportasi alternatif menuju Pomako, Timika. (*)

Pewarta : Pewarta: Jeremias Rahadat
Editor : Anwar Maga
Copyright © ANTARA 2024