Timika (Antara Papua) - Kepolisian Resor Mimika mengerahkan 700 personelnya guna mengamankan setiap masjid yang menyelenggarakan ibadah shalat tarawih berjamaah selama bulan Ramadhan 1438 Hijriah.

Kapolres Mimika AKBP Victor Dean Mackbon di Timika, Jumat, mengatakan jajarannya telah membangun enam posko untuk memonitoring sekaligus mengendalikan pengamanan di setiap lokasi selama Ramadhan.

Enam posko itu terdapat di Jalan Budi Utomo depan Supermarket Diana Timika, Kampung Karang Senang-SP3, Kampung Timika Jaya-SP2, Jalan A Yani, Jalan Yos Sudarso dan Jalan Hasanuddin.

"Kami juga tetap berkoordinasi dengan rekan-rekan dari TNI untuk bersama-sama membantu menjaga keamanan dan kenyamanan masyarakat yang tengah menunaikan ibadah puasa selama bulan Ramadhan," kata Victor.

Menurut dia, pengamanan di setiap masjid yang akan menggelar ibadah shalat tarawih akan diatur serta disesuaikan dengan jumlah jamaah yang mengikuti ibadah shalat tarawih di masjid masing-masing.

Victor mengimbau warga Mimika agar bersama-sama menjaga kerukunan dan toleransi selama umat muslim menunaikan ibadah puasa Ramadhan. Warga, katanya, tidak boleh terprovokasi oleh kejadian-kejadian di luar Timika yang bisa menyulut kesalahpahaman di antara warga sendiri.

"Mari kita saling menghargai dan menjaga kebersamaan. Di Papua, terutama di Timika selama ini toleransi antarumat beragama sudah terjalin dengan baik. Mari kita menjaga dan mempertahankan itu," ajak Victor.

Komandan Kodim 1710/Mimika Letkol Infanteri Windarto mengatakan jajarannya siap mendukung kepolisian guna menciptakan situasi kamtibmas yang aman dan tenteram selama bulan Ramadhan.

Sementara Ketua DKM Masjid Agung Babussalam Timika Ustadz Akhir Iribaram mengajak seluruh umat muslim di wilayah itu agar memanfaatkan sungguh-sungguh bulan Ramadhan sebagai momentum untuk mendekatkan diri kepada Allah SWT.

"Kami juga mohon dukungan dari seluruh warga Mimika terutama dari saudara-saudara Nasrani (Katolik dan Protestan), Hindu, Budha dan lainnya untuk memberikan rasa aman dan nyaman selama umat Islam menjalankan ibadah puasa," harap Iribaram.

Umat muslim di Kota Timika telah mulai melaksanakan ibadah Ramadhan 1438 Hijriah.

Sejak Jumat malam, masjid-masjid yang tersebar di Kota Timika dan sekitarnya dipadati jamaah yang mengikuti shalat tarawih berjamaah pada malam pertama Ramadhan. (*)

Pewarta : Pewarta: Evarianus Supar
Editor : Anwar Maga
Copyright © ANTARA 2024