Timika (Antara Papua) - Dinas Kesehatan Kabupaten Mimika, Provinsi Papua segera memindahkan Tim Nusantara Sehat yang merupakan program dari Kementrian Kesehatan ke puskesmas lain di daerah itu.

"Kami menghendaki Tim Nusantara Sehat ini bisa memberikan pelayanan merata di puskesmas lain bukan hanya di satu tempat dalam jangka waktu dua tahun sesuai dengan SK Kemenkes," kata Kepala Dinkes Mimika, Philipus Kehek di Timika, Rabu.

Tim Nusantara Sehat yang berjumlah enam orang tersebut ditugaskan oleh Kemenkes di Kabupaten Mimika dan ditempatkan di puskesmas Wakia, distrik Mimika Barat Tengah sejak Oktober 2016. Mereka akan akan melaksanakan tugas selama dua tahun hingga Oktober 2018.

"Apabila di Puskesmas Wakia telah mengalami perubahan dari hasil evaluasi yang akan dilakukan oleh Dinkes, maka kami akan pindah ke Puskesmas lainnya," katanya.

Terkait dengan Puskesmas mana yang akan menjadi tempat baru tim nusantara sehat selanjutnya, kata Philipus akan di evaluasi kembali, sehingga akan dilihat Puskesmas mana yang benar-benar membutuhkan bantuan dari tim Nusantara Sehat.

"Yang jelas kita harus evaluasi lagi, nanti puskesmas mana yang memang butuh maka tim nusantara sehat kita tempatkan disana," ucapnya.

"Jangka waktu mereka disini hanya dua tahun, jadi dalam rentan waktu ini kita harap mereka bisa melakukan pelayanan secara merata," ujar Philipus.

Sementara itu Ketua Tim Nusantara Sehat Kabupaten Mimika, Surya bin Thalib mengatakan timnya bersedia ditempatkan di mana saya sesuai dengan kebijakan Dinkes Mimika.

"Yang penting adalah bahwa kehadiran kami bisa memberikan kontribusi bagi pelayanan kesehatan di tempat kami ditugaskan sehingga tidak masalah jika kami ditempatkan di mana saja," kata Surya. (*)

Pewarta : Pewarta: Jeremias Rahadat
Editor : Anwar Maga
Copyright © ANTARA 2024