Timika (Antara Papua) - Kepala Badan Perencanaan Pembangunan Daerah Mimika, Provinsi Papua, Simon Mote mengingatkan pimpinan SKPD agar mempercepat penyerapan APBD tahun 2017.

"Semua pimpinan SKPD harus proaktif. Tidak boleh ada yang diam menyimpan DPA," kata Kepala Bappeda Mimika, Simon Mote di Timika, Senin.

Menurut Simon, seharusnya tahap yang sudah dilakukan SKPD adalah pelelangan setelah melakukan penunjukan PTTK, pembentukan panitia lelang.

Simon mengatakan waktu efektif penyerapan APBD Mimika jika dihitung-hitung maka hanya tersisa empat hingga lima bulan kedepan mengingat batas akhir tahun anggaran pada 15 Agustus 2017 nanti.

Sementara itu kegiatan masing-masing SKPD yang bersumber dari Dana Alokasi Khusus, dan dana Otonomi Khusus seharunya sudah dapat diumumkan siapa pemenang lelang kegiatan tersebut karena DPA sudah diserahkan sebagai dasar.

Untuk mendorong penyerapan APBD di setiap SKPD, Bappeda mengagendakan pertemuan khusus dengan SKPD-SKPD pengelolah dana Otsus 2017 untuk evaluasi.

"Jadi kita kasih waktu satu pekan ini administrasi sudah selesai. Semua ini dalam rangka percepat penyerapan anggaran sehungga tidak berdampak pada transfer pusat," ujar Simon.(*)

Pewarta : Pewarta: Jeremias Rahadat
Editor : Anwar Maga
Copyright © ANTARA 2024