Jayapura (Antara Papua) - Sekretaris Daerah (Sekda) Provinsi Papua Hery Dosinaen kembali mengingatkan Aparatur Sipil Negara (ASN) di lingkungannya untuk tidak ikut serta berpolitik praktis dalam ajang pesta demokrasi di 2018.

"Tahun depan (2018) sudah mulai melaksanakan pemilukada, di mana konfigurasi politik dan semua aspek yang berkorelasi erat sehingga sebagai ASN jangan sampai terkontaminasi," katanya di Jayapura, Selasa.

Hery menjelaskan pihaknya meminta ASN untuk tidak ikut dalam semua aktifitas politik dan memberikan pemahaman terhadap seluruh masyarakat di sekitar mengenai politik tersebut.

"Papua telah melewati pemilukada di 2017, walaupun masih banyak persoalan-persoalan yang dihadapi karena kepentingan-kepentingan luar biasa yang turut menekan semua proses politik tersebut," ujarnya.

Dia menuturkan belum lama ini juga ada gesekan-gesekan horizontal yang sangat luar biasa di Kabupaten Puncak Jaya dan hal tersebut merupakan konsekuensi logis dari politik serta beberapa daerah lain seperti Kabupaten Jayapura yang sampai kini belum melaksanakan Pemungutan Suara Ulang (PSU).

"Untuk itu kami mengharapkan penekanan Gubernur Papua Lukas Enembe agar semua ASN tetap melaksanakan tugas sebagaimana mestinya tetap dijalankan," kata Dosinaen.

Dia menambahkan pihaknya terus mengingatkan agar ASN jangan sampai mengikuti politik praktis yang harus diaplikasikan dan mempunyai konsekuensi luar biasa terhadap pribadi masing-masing.

"Sekali lagi ditegaskan agar ASN terus semangat menjalankan tugas dan kewajiban kedinasannya agar dapat memberikan pelayanan publik yang maksimal kepada masyarakat," ujar Dosinaen. (*)

Pewarta : Pewarta: Hendrina Dian Kandipi
Editor : Anwar Maga
Copyright © ANTARA 2024