Timika (Antara Papua) - Kapolri Jenderal Polisi Tito Karnavian akan meresmikan layanan publik terpadu "Amole" di Timika, Kabupaten Mimika, Provinsi Papua, dalam kunjungan kerja selama dua hari yakni Jumat (11/8) dan Sabtu (12/8).

Kapolres Mimika AKBP Victor Dean Mackbon di Timika, Selasa, mengatakan ada sejumlah agenda yang akan dilakukan oleh Kapolri Tito Karnavian selama berada di Polres Mimika, antara lain meresmikan layanan publik terpadu "Amole".

Selain itu, Kapolri juga dijadwalkan akan menandatangani nota kesepahaman dengan Bank BNI untuk pembinaan atlet sepak bola usia dibawah 12 tahun.

"Kami siap menerima kunjungan kerja Bapak Kapolri di Polres Mimika," kata Victor.

Victor mengatakan layanan publik terpadu "Amole" merupakan salah satu teknologi informasi yang dikembangkan Polres Mimika untuk memudahkan pelayanan kepada masyarakat setempat.

Fasilitas tersebut merupakan layanan aplikasi online yang bisa diakses melalui googleplay.

Meski hingga kini aplikasi tersebut belum tersedia di googleplay, namun Polres Mimika telah merilis versi awal aplikasi "Amole".

Setiap pengguna harus memasukan informasi data pribadi untuk dapat mengakses aplikasi dimaksud.

Aplikasi "Amole" menyediakan fitur antara lain Maps atau peta yang terintegrasi deangan sistem GPS, fitur Pos Polisi disertai nomor telepon yang dapat langsung dihubungi warga, fitur Bantuan diamana warga dapat melaporkan permasalahan ke Mapolres Mimika agar polisi segera merespon ke posisi pelapor sesuai yang terdeteksi melalui sistem GPS

Fitur lainnya yang tersedia di aplikasi dimaksud yaitu Kontak Penting berisi nomor kontak penting yang langsung bisa dihubungi, fitur Layanan yang terintegrasi dengan SKCK dan SIM Online Mabes Polri dan dilengkapi layanan pengaduan masyarakat, fitur Berita merupakan portal berita yang terintegrasi dengan portal berita tribratanews.

Selanjutnya, fitur Bhabinkamtibmas berisi data petugas Bhabinkamtibmas di seluruh Polsek, fitur Call Center dimana pengguna bisa terhubung langsung dengan petugas Polres Mimika dan fitur Panic Button yang dapat digunakan warga dalam keadaan darurat.

Rencananya, dalam kunjungan kerja ke Timika nanti, Kapolri Tito Karnavian juga akan melepas secara resmi kegiatan Tim Ekspedisi Puncak Cartenzs yang melibatkan 24 anggota Polisi Wanita (Polwan) dalam rangka mengibarkan Bendera Merah Putih bertepatan dengan perayaan HUT ke 72 Kemerdekaan RI pada 17 Agustus 2017.

Saat ini Tim Ekspedisi Puncak Cartenzs telah berada di Tembagapura, Mimika untuk melakukan proses adaptasi dengan kondisi cuaca setempat yang cukup ekstrim. (*)

Pewarta : Pewarta: Evarianus Supar
Editor : Anwar Maga
Copyright © ANTARA 2024