Jayapura (Antara Papua) - Pemerintah Provinsi (Pemprov) Papua lebih fokus pada kegiatan sosial-budaya seperti menggelar lomba goyang aster, poco-poco hingga dayung tradisional, dalam memeriahkan peringatan HUT ke-72 Kemerdekaan RI.

Asisten Bidang Perekonomian dan Kesejahteraan Rakyat Setda Provinsi Papua Elia Loupatty, di Jayapura, Rabu, mengatakan serangkaian kegiatan yang digelar dalam peringatan HUT kali ini untuk menunjukkan kesiapan sebagai tuan rumah PON XX 2020.

"Jadi dari seni hingga olahraga kami maksimalkan agar turut meramaikan perayaan HUT Kemerdekaan RI di 2017 ini," katanya yang juga Ketua Panitia HUT ke-71 RI 2017 Provinsi Papua.

Elia menjelaskan pihaknya memberikan porsi yang besar terhadap seni dan olahraga untuk memeriahkan HUT Kemerdekaan melalui berbagai perlombaan, bahkan juga penyelenggaraan panggung hiburan rakyat.

"Kami juga merencanakan pembentangan bendera merah putih yang akan dilakukan oleh para nelayan untuk mewarnai perayaan HUT Kemerdekaan tahun ini," ujarnya.

Dia menuturkan serangkaian kegiatan yang diselenggarakan oleh Pemprov Papua tahun ini, selain untuk memeriahkan HUT ke-72 Kemerdekaan RI juga sebagai persiapan pelaksanaan PON XX pada 2020 di Bumi Cenderawasih.

"Kami berharap prestasi-prestasi yang diraih oleh masyarakat dalam serangkaian kegiatan yang dilaksanakan oleh pemerintah daerah dapat menunjukkan kesiapan penyelenggaraan PON XX 2020," katanya lagi.

Dia menambahkan pihaknya berharap seni, budaya dan olahraga dapat memperoleh perhatian yang besar sehingga ke depan dapat mempersiapkan PON XX 2020 dengan baik. (*)

Pewarta : Pewarta: Hendrina Dian Kandipi
Editor : Anwar Maga
Copyright © ANTARA 2024