Timika (Antara Papua) - Asisten III Setda Kabupaten Mimika, Provinsi Papua, Lopianus Foakubun mendorong anggota Linmas di wilayah itu untuk dapat menjadi pelopor keamanan di setiap kampung.

Lopianus di Timika, Rabu, mengatakan bahwa Pemkab Mimika memberikan atensi yang besar untuk mendukung pelaksanaan tugas linmas di kampung-kampung dengan menganggarkan pelatihan peningkatan kapasitas melalui distrik masing-masing.

Hal tersebut diungkapkan Lopianus ketika membuka kegiatan penyiapan tenaga pengendali keamanan dan kenyamanan lingkungan di Kantor Distrik Iwaka, Rabu (30/8).

Menurutnya, peran linmas di masing-masing kampung yang ada di wilayah itu sangat dibutuhkan. Untuk itu perlu adanya koordinasi dan kerja sama antara anggota linmas dan pihak kepolisian Mimika dalam meningkatkan keamanan khususnya di kampung-kampung.

Menurut Lopianus, potret aituasi keamanan kabupaten Mimika dicerminkan dari situasi keamanan dari masing-masing keluarga yang ada di dalam satu kampung. Untuk itu tugas menjaga keamanan bukan saja tanggung jawab TNI dan Polri melainkan semua orang.

Kepala Distrik Iwaka, Wens Mitoro juga mengharapkan agar linmas yang ada di wilayah kerjanya berperan aktif bukan saja pada saat pengamanan pemilu tetapi setiap saat.

Selain itu Wens juga mengharapkan koordinasi yang baik juga terjalin antara anggota linmas khusus di tujuh kampung yang ada di distrik Iwaka dengan para aparatur di kampung dan distrik. (*)

Pewarta : Pewarta: Jeremias Rahadat
Editor : Anwar Maga
Copyright © ANTARA 2024