Jayapura (Antara Papua) - Direktorat Lalu Lintas Polda Papua gelar hari bebas kendaraan bermotor atau "car free day" di Jalan Soa Siu atau tepatnya di depan kantor Gubernur Papua yang terletak di Distrik Jayapura Utara, Kota Jayapura, pada Sabtu.

Kepala bagian (Kabag) Pembinaan Operasi (Binops) Direktorat Lalu Linta Polda Papua, AKBP Happri di Kota Jayapura, mengatakan kegiatan tersebut sebagai bentuk tindak lanjut dari peluncuran program keselamatan berlalu lintas yang dilaksanakan oleh pihaknya bersama Pemerintah Provinsi Papua beberapa waktu lalu.

"Jadi, tujuan dilaksanakannya kegiatan car free day untuk mengajak masyarakat agar selalu tertib berlalu lintas dan memperhatikan keselamatan diri dan pengguna jalan yang lain di jalan raya," katanya.



Car Free Day, kata dia, sudah menjadi agenda tetap yang akan dilakukan setiap hari Sabtu yang dimeriahkan berbagai macam kegiatan menarik.

"Seperti tarian zumba bersama masyarakat dan pemberian quiz serta pelayanan SIM bagi pengendara yang ingin memperpanjang atau belum memiliki SIM," katanya.

Menurut dia, kegiatan tersebut juga mempunyai tujuan lain yakni untuk menekan tingkat kecelakaan dan pelanggaran lalu lintas di jalan raya.

"Kita selalu lihat atau dengar ada saja kecelakaan, dan terjadinya peningkatan tingkat kecelakaan serta pelanggaran lalu lintas. Itu, Semua terjadi karena kurangnya kesadaran pengguna jalan dalam mematuhi peraturan lalu lintas," katanya.

Sebelumnya, pada akhir Agustus lalu, Polda Papua mencanangkan tahun keselamatan untuk kemanusiaan dalam berkendara yang digelar di halaman Kantor Gubernur Provinsi Papua.

Turut hadir dalam kegiatan tersebut Gubernur Papua yang diwakili oleh Staf Ahli ilmu Pemerintahaan Anie Rumbiak, Kapolda Papua yang diwakili oleh Waka Polda Brigjen Pol Agus Riyanto, Pangdam XVII/Cenderawasih Mayjen TNI George Elnadus Supit, Ketua DPRP Yunus Wonda, dan sejumlah tamu undangan. (*)

Pewarta : Pewarta: Alfian Rumagit
Editor : Anwar Maga
Copyright © ANTARA 2024