Jayapura (Antara Papua) - Kepolisian Sektor Arso mengimbau pelajar SMP YPPK Taruna Tegasa Distrik Arso Kotam, Kabupaten Keerom, Papua, agar bijak dalam menggunakan media sosial.

Kepala Polsek Arso Iptu Handry M Bawiling ketika dihubungi dari Kota Jayapura, Selasa, mengatakan imbauan itu menindaklanjuti program satuan pembinaan masyarakat Polres Keerom lewat "Polisi Sahabat Sekolah".

"Jadi, saat saya bertindak selaku pembina upacara bendera pada Senin (11/9) di SMP YPPK Taruna Tegasa, Arso Kota yang terletak di Jalan Trans Irian Distrik Arso, saya imbau agar pelajar bijak dan pintar gunakan medsos," katanya.



Pada upacara pengibaran bendera Merah Putih di lapangan SMP YPPK Taruna Tegasa, Arso Kota yang diikuti oleh 186 pelajar dan para dewan guru, Handry meminta para pelajar dalam berinteraksi lewat medsos menggunakan cara yang positif.

"Gunakan bahasa yang wajar dan sopan serta tidak saling memprovokasi atau menebar ujaran kebencian, baik pribadi, kelompok, ataupun golongan karena aturan dalam media sosial sudah diatur dalam UU ITE sehingga bisa berujung pada tindakan hukum," katanya.

Apalagi, kata dia, sebagian besar kecelakaan lalu lintas juga diakibatkan oleh kelalaian pengendara karena tidak menaati peraturan karena ada yang asyik menggunakan telepon seluler sehingga tidak fokus dalam berkendara.

"Untuk itu, para pelajar diberikan pemahaman tentang hal ini. Saya juga menyampaikan agar menaati peraturan berlalu lintas dengan gunakan helm standard dan selalu memeriksa kelaikan kendaraan sebelum berpergian," katanya.

Pada momentum itu, Handry juga mengajak agar para pelajar menjaga dan meningkatkan sikap toleransi dalam kehidupan bermasyarakat dengan menjaga kekompakan dan kebersamaan baik dalam lingkungan sekolah maupun di luar lingkungan sekolah.

"Terutama menaati peraturan dan menjaga nama baik sekolah dengan selalu mawas diri dan menjauhi narkoba dan tidak mongonsumsi minuman keras," katanya.

Handry menambahkan imbauan agar menggunakan medsos bukan saja akan disosialisasikan atau disampaikan kepada kalangan pelajar, tetapi secara bertahap akan diberikan juga kepada masyarakat di Arso Kota, Kabupaten Keerom. (*)

Pewarta : Pewarta: Alfian Rumagit
Editor : Anwar Maga
Copyright © ANTARA 2024